Bingung Biaya Kuliah? Jangan Galau, Ikuti 3 Tips Ini untuk Meraih Beasiswa

Arsito Hidayatullah
Bingung Biaya Kuliah? Jangan Galau, Ikuti 3 Tips Ini untuk Meraih Beasiswa
Ilustrasi beasiswa untuk biaya kuliah. (Shutterstock)

Biaya kuliah selalu menjadi momok saat menjalani pendidikan, hingga banyak orang berharap bisa mendapatkan beasiswa. Bagaimana caranya?

Suara.com - Mendapatkan pendidikan yang layak tentunya sudah menjadi keinginan banyak orang. Adan barangkali termasuk salah satunya. Cuma masalahnya, untuk menikmati pendidikan bermutu seperti itu, Anda akan membutuhkan sejumlah biaya yang cukup besar.

Besar biaya tersebut juga akan sangat tergantung pada jurusan dan juga kampus yang dipilih. Semakin diminati dan populer sebuah jurusan atau kampus yang diinginkan, biasanya akan semakin mahal juga biaya pendidikan yang dibutuhkan.

Penting untuk menyiapkan biaya pendidikan ini dengan baik sejak awal, mengingat jumlahnya juga tak bisa dianggap kecil. Faktanya, membayar biaya kuliah sering jadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa. Bukan hanya karena jumlahnya yang besar, namun karena harus dibayarkan secara teratur setiap semesternya.

Pada umumnya, ada banyak kesalahan yang kerap dilakukan mahasiswa dalam membayar biaya kuliah mereka, sehingga kewajiban yang satu ini menjadi sulit untuk diselesaikan. Tapi, jangan juga sampai terlalu galau soal ini, karena sebenarnya ada peluang meringankan seperti beasiswa.

Bagaimana caranya? Nah, cobalah ikuti tips atau cara mendapatkan beasiswa berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Jangan Mengabaikan Kesempatan untuk Dapat Beasiswa

Beasiswa menjadi salah satu langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi biaya kuliah. Saat ini, ada banyak jenis beasiswa yang bisa dapatkan dengan mudah, apalagi jika Anda termasuk mahasiswa yang berprestasi di kampus.

Bukan hanya dari pihak kampus saja, beasiswa ini bahkan banyak yang diberikan pihak swasta, juga pemerintah. Jumlahnya juga beragam, sehingga Anda bisa memilih jenis beasiswa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Namun jika Anda mengabaikan kesempatan yang ini, tentu artinya Anda juga akan membuang kesempatan untuk menyelesaikan pembayaran biaya kuliah dengan mudah dan cepat. Sebab, mendapatkan beasiswa merupakan langkah tepat yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pendidikan murah, bahkan gratis.

Caranya, mulailah mencari informasi tentang hal ini, baik itu secara langsung di kampus, atau bahkan secara online dan mandiri melalui layanan internet. Biasanya pihak penyedia beasiswa akan menggunakan banyak media untuk menginformasikan pengadaan beasiswa ini, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

2. Selalulah Fokus dalam Menyiapkan Diri

Guna memperoleh beasiswa, memang dibutuhkan persiapan yang matang, mulai dari kemampuan diri dalam akademik, hingga persyaratan administratif pengajuan beasiswa. Jadi, fokuslah dalam menyiapkan diri untuk mengajukan beasiswa itu, ya?

Bisa dibayangkan jika Anda tidak fokus dalam melakukan berbagai persiapan yang diperlukan dalam pengajuan beasiswa. Biasanya, akan ada saja hal yang kurang atau belum Anda penuhi dengan baik dari syarat pengajuan beasiswa tersebut. Hingga, bukannya didapat, peluang beasiswa itu pun malah jadi terbuang percuma karena Anda tidak benar-benar siap.

3. Seimbangkan Waktu

Bekerja sambil kuliah tentu bukan hal yang asing lagi sekarang. Barangkali Anda juga termasuk yang menjalankan kedua aktivitas ini secara bersamaan.

Namun masalahnya, jika Anda terlalu fokus bekerja dan menghabiskan banyak waktu untuk aktivitas itu, maka sangat mungkin Anda akan mengalami masalah manajemen waktu. Kuliah saja bisa terlantar dibuatnya, apalah lagi rencana atau keinginan mendapatkan beasiswa.

Meski tujuan Anda bekerja mungkin demi mendapatkan sejumlah uang, yang ujungnya juga untuk biaya kuliah, bekerja terlalu fokus bisa saja justru membawa masalah. Jadi, hindarilah kondisi kelelahan selama bekerja, mengingat Anda juga membutuhkan energi yang cukup untuk belajar, termasuk juga mempersiapkan diri mencari beasiswa.

Persiapkan Diri dengan Baik

Memperoleh beasiswa memang menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan biaya menempuh pendidikan tinggi seperti yang diimpikan. Namun, untuk memperoleh beasiswa itu pun diperlukan upaya yang tak mudah, mulai dari waktu, energi, dan masih banyak lagi. Perhatikan semua itu, dan semoga langkah Anda mulus untuk menempuh pendidikan tinggi dengan beasiswa.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

LPDP Sebar 6.000 Beasiswa? Ini Catatan Lengkapnya

7 Persiapan Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Tak Usah Alergi Kuliah S2, Ini Keuntungan Punya Gelar Master buat Kariermu

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS