Gagal Tes CPNS Jangan Sedih, 3 Profesi Ini Juga Bisa Menjamin Hari Tua

Iwan Supriyatna
Gagal Tes CPNS Jangan Sedih, 3 Profesi Ini Juga Bisa Menjamin Hari Tua
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Wali Kota Jakarta Timur, Jumat (26/10). [ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto]

Bagi sebagian orang, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah suatu hal yang diidam-idamkan.

Suara.com - Bagi sebagian orang, menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah suatu hal yang diidam-idamkan. Bagaimana tidak, jika lolos menjadi PNS, hingga tua bisa terus digaji oleh pemerintah.

Tak heran jika orang berlomba-lomba untuk mendaftar dan mengikuti tes CPNS yang menguras waktu dan tenaga. Bagi mereka yang lolos bisa membuat mereka berbangga diri.

Namun, bagaimana halnya untuk mereka yang tak lolos tes CPNS? Sedih sudah barang tentu dialami. Tapi jangan sedih dulu, ternyata masih banyak profesi yang bisa menunjang hari tua.

Pengusaha

ilustrasi pengusaha muda [shutterstock]
ilustrasi pengusaha muda [shutterstock]

Dilansir dari Moneysmart.id, menjadi pengusaha ternyata lebih menggiurkan ketimbang jadi PNS. Tapi untuk bisa menjadi pengusaha sukses membutuhkan pengorbanan dulu.
Jatuh bangun adalah hal yang biasa, kadang dagangan laris, kadang juga sepi. Tapi itulah salah satu kiat untuk sukses.

Setelah sukses, pendapatanmu per bulannya bahkan bisa melebihi gaji dan tunjangan pegawai negeri. Selain gaji, waktu kerjanya juga lebih fleksibel, kamu bisa berangkat kerja kapanpun dan dimanapun.

Kalau pegawai kan harus masuk pagi dan pulang sesuai waktunya, kadang kalau ada lemburan baliknya larut malam.

Pegawai BUMN

Upacara Hari Kemerdekaan di Kementerian BUMN.
Upacara Hari Kemerdekaan di Kementerian BUMN.

Kalau kamu gak berhasil jadi PNS, kamu bisa bekerja di perusahaan milik negara alias BUMN. Bekerja menjadi pegawai BUMN saat ini sudah enak, baik dari segi karier maupun pendapatannya.

Soal gaji pokok di BUMN biasanya lebih besar ketimbang gaji pokok PNS. Selain itu tunjangannya juga melimpah, ada BUMN yang memberikan gaji lebih dari 15 kali dalam satu tahun untuk pegawainya.

YouTuber

Ilustrasi seorang youtuber sedang membuat konten. (Shutterstock)
Ilustrasi seorang youtuber sedang membuat konten. (Shutterstock)

Profesi YouTuber belakangan ini tengah digandrungi banget di kalangan masyarakat Indonesia bahkan dunia. Bagaimana tidak, pendapatan yang didapatkan bisa jauh lebih besar berkali-kali lipat dari pegawai negeri! Dengan catatan, mereka memiliki banyak subscriber dan viewer.

Di Indonesia sendiri ada Atta Halilintar, yang penghasilan per bulannya bisa mencapai Rp 1,8 miliar, kemudian ada Raditya Dika yang diperkirakan meraup cuan Rp 1,2 miliaran per bulan, dan masih banyak lagi Youtuber sukses lainnya.

Kalau kamu memiliki keahlian di dalam membuat video, gak ada salahnya untuk terjun ke dunia ini. Tapi, kamu harus memikirkan dulu konten apa yang mau kamu suguhkan dan bisa menarik banyak penonton.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS