IHSG Menguat ke Level 5.087 di Awal Pekan

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
IHSG Menguat ke Level 5.087 di Awal Pekan
Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

IHSG pada awal pekan ini Senin (20/7/2020) dibuka dalam teritori positif.

Suara.com - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal pekan ini Senin (20/7/2020) dibuka dalam teritori positif.

Mengutip data perdagangan RTI, IHSG naik 8 poin atau 0,16 persen menuju level 5.087. Begitu juga dengan laju indeks LQ45 yang ikutan naik tipis menuju level 792.

Sebanyak 114 saham menguat 42 saham turun dan 157 saham belum ditransaksikan.

Analis pasar modal dari MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan, di awal pekan ini ada peluang IHSG melanjutkan kejatuhannya seiring turunnya Indeks Dow Jones sebesar 0,23 persen serta penurunan EIDO sebesar 1 persen.

Ditambah lagi dengan capaian jumlah tertinggi korban terjangkiti dan tewas akibat Covid-19, dimana selama 3 hari (Jumat hingga Minggu) jumlah korban yang terjangkit Covid-19 memecahkan rekor tertinggi baru mencapai 4,853 orang.

Sementara itu, kondisi penutupan harga komoditas cukup beragam Jumat pekan lalu dimana komoditas yang mengalami penguatan harga seperti kelapa sawit, emas sehingga investor bisa fokus mengamati saham berbasis tersebut.

"IHSG berpeluang terkena aksi profit taking lanjutan dalam perdagangan Senin ini ditengah secara valuasi banyak saham sangat menarik untuk dibeli," kata Edwin dalam analisanya.

Dirinya merekomendasikan sangat selektif jika investor ingin melakukan BOW atau Swing Trade maka dapat fokus atas saham dari sektor CPO, Coal, Rokok, Retail, Semen dan Industri Dasar dalam perdagangan Senin.

"IHSG kami perkirakan bergerak pada 5,029 - 5,113 adapun saham-saham yang kami rekomendasikan hari ini adalah AALI, PTBA, GGRM, ERAA, INTP, LSIP, ADRO, INKP, SIMP, MAPI," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS