Jaga Kelangsungan Energi, Pertamina Ajak Masyakarat Berkompetisi Sobat Bumi

Fabiola Febrinastri | Dian Kusumo Hapsari
Jaga Kelangsungan Energi, Pertamina Ajak Masyakarat Berkompetisi Sobat Bumi
Kompetisi Sobat Bumi. (Dok : Pertamina).

Hal ini dilakukan Pertamina secara konsisten hingga memasuki usia 63 tahun.

Suara.com - PT Pertamina (Persero) senantiasa berupaya berbenah melalui pengembangan berbagai program dan inovasi bisnis, demi menjaga kelangsungan energi bangsa, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal ini dilakukan Pertamina secara konsisten hingga memasuki usia 63 tahun.

Untuk mendukung upaya pengembangan dan pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), Pertamina menyelenggarakan “Kompetisi Sobat Bumi (KSB) 2020”.  Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bibit unggul Indonesia dalam menciptakan inovasi energi bagi keberlangsungan bumi.

Jika melihat kekayaan alam dan letak geografisnya, Indonesia dinilai sangat mampu untuk meningkatkan produksi EBT dan mengimplementasikannya secara luas, jika masyarakat diberikan edukasi secara menyeluruh.

Hal ini juga bisa diwujudkan apabila para pegiat atau pencipta energi diberikan wadah untuk berinovasi, yang didukung oleh institusi atau lembaga yang membantu mengimplementasikannya.

Salah satu kategori dalam KSB 2020 adalah kategori Proyek Inovasi EBT. Kategori ini fokus pada pengumpulan hasil riset dan praktik energi alternatif yang implementatif, untuk penyediaan energi di daerah terisolir atau tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Melalui KSB 2020, Pertamina ingin menginspirasi masyarakat dalam mengembangkan ide kreatif dan inovatif, yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi energi di Indonesia, sehingga mampu memenuhi kebutuhan energi di daerah terpencil, pelosok, dan/atau terisolisir lainnya. Seluruh kompetisi akan dilakukan secara online melalui www.sobatbumi.id.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan pelaksanaan Kompetisi Sobat Bumi merupakan perwujudan Pertamina sebagai perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial dan semangat terbarukan untuk membangun negeri. Dengan mengacu kepada tiga prinsip dasar CSR yaitu People, Planet dan Profit, Kompetisi Sobat Bumi 2020 merupakan komitmen Pertamina mendukung Pemerintah di dalam mencapai Sustainability Development Goals meningkatkan kualitas pendidikan dengan berorientasi pada pembangunan SDM maupun calon SDM unggul yang mampu menciptakan inovasi energi lestari ramah lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan energi di pelosok negeri sehingga mampu meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup masyarakat, tentunya hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina melaksanakan Standar ISO 26000 di dalam pelaksanaan Program CSR yang mengutamakan aspek lingkungan.

Dengan memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam berkontribusi, maka Indonesia diharapkan mampu memiliki ketahanan energi yang dapat menyejahterakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pemenang dari kategori Proyek Inovasi EBT, nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk mengimplementasikan ide inovasinya bersama dengan Pertamina Foundation melalui Program PFSains dan mendapatkan pembinaan langsung dari Pertamina.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS