alexametrics

Jasa Marga Target Jalan Tol Cinere-Serpong Beroperasi Triwulan II 2021

Bangun Santoso | Mohammad Fadil Djailani
Jasa Marga Target Jalan Tol Cinere-Serpong Beroperasi Triwulan II 2021
Protek Jalan Tol Serpong-Cinere hampir selesai. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan progres konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere telah mencapai 92,81 persen. (Antara)

Hingga 23 Februari 2021, secara keseluruhan progres konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere telah mencapai 93,932%

Suara.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui kelompok usahanya PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku pengelola Jalan Tol Serpong-Cinere, terus menyelesaikan pembangunan fisik atau konstruksi jalan tol tersebut secara keseluruhan. PT CSJ optimis Jalan Tol Serpong-Cinere siap dioperasikan dalam waktu dekat.

Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari menjelaskan, hingga 23 Februari 2021, secara keseluruhan progres konstruksi Jalan Tol Serpong-Cinere telah mencapai 93,932%, sedangkan pembebasan lahannya telah mencapai 98,72%.

“Untuk masing-masing seksi sendiri yaitu, untuk Seksi 1 Serpong-Pamulang pembebasan lahannya telah mencapai 99,21% dan progress konstruksinya telah rampung 100%, sisa pembebasan lahan saat ini kami kejar untuk pekerjaan Jalan Samping atau _frontage Road_. Sementara itu, Seksi 2 Pamulang-Cinere pembebasan lahannya telah mencapai 97,35% dan progress konstruksi mencapai 78,904%," jelas Ayu dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (28/2/2021).

Ayu pun optimis, Seksi 1 Serpong-Pamulang dapat beroperasi lebih awal, yang ditargetkan pada awal Triwulan (TW) II Tahun 2021. Tentu saja dalam dalam memasuki tahap pengoperasian, PT CSJ juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) untuk selanjutnya dapat menjalani tahap uji laik dan fungsi Jalan Tol Serpong-Cinere.

Baca Juga: Akses Exit Bitung Jalan Tol Jakarta-Tangerang Kembali Normal

“Bila lulus uji laik dan fungsi, jalan tol ini baru akan beroperasi. Seksi 1 Serpong-Pamulang akan terhubung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Kami juga terus mengebut penyelesaian pekerjaan untuk Seksi 2 Pamulang-Cinere,” tambah Ayu.

Jalan Tol Serpong-Cinere masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II yang memiliki panjang keseluruhan 10,14 Km. Jalan tol ini terbagi menjadi dua Seksi, yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 Km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 Km.

Jalan tol ini akan memiliki total 4 Gerbang Tol (GT), yakni GT Pamulang, GT Serpong 5, GT Serpong 6, dan GT Serpong 7. Selain itu, jalan tol ini dilengkapi dengan 1 Junction, yakni Serpong Junction yang merupakan pertemuan antara Jalan Tol JORR II dengan Jalan Tol Serpong-Pondok Aren dan 1 Simpang Susun di wilayah Pamulang.

Dengan hadirnya Jalan Tol Serpong-Cinere diharapkan dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bandara Soekarno-Hatta serta dari arah Tangerang Selatan menuju Jakarta (via ruas Tol Serpong-Kunciran).

Baca Juga: Genangan Surut, Arus Lalin KM 19 Tol Jakarta-Cikampek Kembali Normal

Komentar