alexametrics

Mabes Polri Diserang Teroris, IHSG Diprediksi Terimbas Melemah Hari Ini

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Mabes Polri Diserang Teroris, IHSG Diprediksi Terimbas Melemah Hari Ini
Pekerja memfoto layar pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (31/3/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

IHSG diprediksi bakal melemah sepanjang perdagangan hari ini, karena adanya sentimen negatif dari dalam negeri, terkait penyerangan teroris ke Mabes Polri.

Suara.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan awal bulan April ini dibuka rebound ke level 5.988, setelah pada akhir perdagangan kemarin ditutup anjlok 1,4 persen ke level 5.985.

Meski begitu IHSG diprediksi bakal melemah sepanjang perdagangan hari ini, karena adanya sentimen negatif dari dalam negeri, terkait penyerangan teroris ke Mabes Polri.

Melansir data RTI, Kamis (1/4/2021) IHSG diawal pra perdagangan naik tipis 2,5 basis poin atau 0,4 persen ke level 5.988.

Sementara itu indeks LQ45 juga ikutan dibuka menguat, pada awal pra perdagangan indeks ini naik tipis 0,2 basis poin atau menguat 0,03 persen menuju level 903.

Baca Juga: Serangan Teroris di Mabes Polri, Penjagaan Ketat Masih Dilakukan

Sebanyak 107 saham menguat, 41 saham melemah dan 118 saham belum ditransaksikan.

Meski dibuka menguat Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang mengatakan IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan akan kembali turun melemah menyusul sentimen negatif di dalam negeri.

Edwin menjelaskan tak lama dari penyerangan gereja Katedral di Makassar, pelaku pasar di bursa kembali dikejutkan dengan serangan lone wolf teroris di Mabes Polri Jakarta.

"Padahal kondisi market saat ini kurang kondusif setelah diterpa tekanan jual cukup besar," kata Edwin dalam analisanya.

Potensi pelemahan IHSG karena jatuhnya Dow Jones dan melemahnya harga beberapa komoditas seperti minyak dan timah di tengah kembali naiknya yield obligasi AS tenor 10 tahun ke level 1,746 persen.

Baca Juga: Terungkap! Penyerang Mabes Polri ZA Posting Bendera ISIS di Instagramnya

Dirinya pun memprediksi, secara teknikal IHSG perdagangan hari ini akan bergerak di rentang 5.938 - 6.048.

Komentar