alexametrics

Libur Panjang Usai, 150 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabodetabek

Bangun Santoso | Achmad Fauzi
Libur Panjang Usai, 150 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabodetabek
Sebagai ILUSTRASI: Sejumlah kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/5/2020) lalu. [ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga]

Heru mengatakan bahwa sudah terlihat adanya pola pengguna jalan mulai kembali ke Jakarta pada hari Sabtu (3/4) kemarin.

Suara.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 150.550 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek pada H-1 Hari Raya Paskah atau pada Sabtu (3/4/2021) kemarin.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

"Total volume lalin yang menuju Jabotabek ini naik 22,40 persen jika dibandingkan lalin normal," Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Minggu (4/4/2021).

Heru mengatakan, bahwa sudah terlihat adanya pola pengguna jalan mulai kembali ke Jakarta pada hari Sabtu (3/4) kemarin.

Baca Juga: Siang Ini, Jasa Marga Lakukan Pembatasan Truk Golongan III Arah Jakarta

Di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga mencatat lalu lintas tertinggi yang menuju arah Jakarta tersebut mayoritas terjadi pada shift 2, yaitu sekitar pukul 14.00-22.00 WIB.

"Kami mencatat, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek sudah lebih tinggi. Jika dibandingkan dengan yang meninggalkan Jabotabek, walaupun secara angka masih naik, namun peningkatannya hanya sekitar 3 perseb jika dibandingkan dengan lalu lintas normal," jelas dia.

"Lalu lintas kembali ke Jabotabek yang paling tinggi kemarin terjadi di GT Cikampek Utama, yaitu tercatat 37.426 kendaraan dari arah Trans Jawa kembali ke Jabotabek. Angka ini naik 28,95 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal di GT Cikampek Utama," sambung Heru.

Ia berharap dengan adanya distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek yang telah terjadi sejak hari Sabtu kemarin, dapat mengurangi kepadatan di jalan tol yang berpotensi terjadi hari ini, Minggu (4/4).

Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek dan memohon kerja sama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan di hari ini, minimal dapat menghindari jam-jam favorit untuk melakukan perjalanan seperti sore-malam hari.

Baca Juga: Hari Ini, Rest Area Km 52 Jalan Tol Jakarta-Cikampek Akan Ditutup

Untuk distribusi lalu lintas menuju Jabotabek dari ketiga arah pada hari Sabtu (03/04) yaitu mayoritas sebanyak 73.501 kendaraan dari arah Timur (48,82 persen), 44.303 kendaraan dari arah Barat (29,43 persen), dan 32.746 kendaraan dari arah Selatan (22,75 persen).

Komentar