alexametrics

Apa Itu Coinbase? Ini Sejarah, Pengguna dan Harga Sahamnya

Rifan Aditya
Apa Itu Coinbase? Ini Sejarah, Pengguna dan Harga Sahamnya
Apa itu Coinbase, situs Coinbase (coinbase.com)

Coinbase sedang ramai diperbincangkan publik di internet. Apa itu Coinbase?

Suara.com - Coinbase sedang ramai diperbincangkan publik di internet. Apa itu Coinbase? Coinbase adalah perusahaan atau platform jual beli cryptocurrency atau mata uang digital seperti Bitcoin dan Etherium pertama yang ada di dunia.

Coinbase sebagai perusahaan yang menyederhanakan pembelian Bitcoin yang akhirnya berubah menjadi perusahaan transaksi cryptocurrency lain seperti Ethereum yang kini populer di Amerika Serikat.

Sejarah Coinbase

Coinbase didirikan pada bulan Juni 2012 oleh Brian Armstrong dan Fred Ehrsam. Mereka kemudian telah mencatatkan Initial Public Offering (IPO) di bursa saham Amerika Serikat.

Baca Juga: Cerita Perempuan Asal Bulukumba, Dilamar Pakai Bitcoin Rp 1,6 Miliar

Saat itu harga saham Coinbase dibuka pada angka 381 dollar AS per saham atau sekitar Rp 5,5 juta (kurs Rp 14.600). Harga saham sempat menyentuh angka 429 dollar AS atau sekitar Rp 6,2 juta, dan kemudian menjadi 310 dollar AS atau sekitar Rp 4,5 juta.

Namun nilai saham Coinbase tetap berada di atas harga referensi yang ditetapkan oleh Nasdaq, yakni 250 dollar AS (sekitar Rp 3,6 juta). Pada penutupan hari Rabu, saham Coinbase mencapai 328,28 dollar AS (sekitar Rp 4,8 juta). Dengan harga tersebut, nilai kapitalisasi pasar Coinbase tercatat mencapai 85,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.250 triliun.

Pengguna Coinbase

Coinbase telah memiliki 56 juta pengguna yang naik dari 43 pengguna pada akhir tahun 2020 yang sebelumnya hanya memiliki 32 juta pengguna. Dari 56 juta total pengguna aktif ada sedikit lebih dari 6 juta orang melakukan transaksi setiap bulannya. Pada tahun 2018, Coinbase memiliki nilai valuasi sebesar 8 miliar dollar AS.

Pada kuartal pertama tahun 2021 ini, Coinbase mengumumkan pendapatan perusahaan melonjak sembilan kali lipat menjadi 1,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 26 triliun. Laba bersih naik dari 32 juta dollar AS atau sekitar Rp 467 miliar menjadi 730 juta dollar AS atau Rp 10,6 triliun hingga 800 juta dollar AS atau sekitar Rp 11,6 triliun.

Baca Juga: Bitcoin Diprediksi Tembus Rp 1 Miliar pada April 2021

Pada bulan September 2020, Coinbase telah terpilih menjadi mitra utama dalam pembelan Bitcoin sejumlah 425 juta dollar AS atau setara dengan Rp 6 triliun oleh MicroStrategy. Coinbase juga menyatakan bahwa tersedia untuk membantu lebih banyak institusi yang ingin membeli mata uang digital.

Komentar