alexametrics

PGN Gandeng Jakpro Sediakan Akses Energi Gas Bumi di Jakarta

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
PGN Gandeng Jakpro Sediakan Akses Energi Gas Bumi di Jakarta
Petugas Perusahaan Gas Negara (PGN) memeriksa alat penurun tekanan gas alam terkompresi (CNG), di Semarang, Jateng, Kamis (15/9).

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menggandeng BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) beserta afiliasinya, untuk menyediakan energi gas bumi maupun utilitas lainnya di wilayah DKI.

Suara.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menggandeng BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) beserta afiliasinya, untuk menyediakan energi gas bumi maupun utilitas lainnya di wilayah DKI Jakarta.

Kerja sama tersebut diawali dengan penandatanganan Head of Agreement (HOA) oleh Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto dan Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto, serta disaksikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kamis, (5/8/2021).

Haryo menyatakan, sinergi ini untuk mewujudkan Jakarta sebagai provinsi yang ramah lingkungan dan menyediakan kemudahan akses energi yang semakin modern, aman, praktis, serta berkelanjutan.

Menurutnya, PGN dan Jakpro akan bekerjasama dalam menyediakan energi gas bumi untuk kawasan hunian, dan komersial di wilayah DKI Jakarta maupun sekitarnya.

Baca Juga: PGN Gandeng PAL Kembangkan Infrastruktur Teknologi Gas Alam Cair

Total potensi penyaluran gas untuk hunian dan komersial sebanyak 80 ribu sambungan yang akan mendapatkan energi gas bumi, baik melalui pengembangan jaringan pipa gas maupun menggunakan moda non pipa yaitu CNG.

"Jakpro dan PGN akan kerjasama dalam pembangunan utilitas bersama untuk proyek yang dikerjakan Jakpro di DKI Jakarta dan sekitarnya," ujarnya.

Diketahui, saat ini baru sekitar 15.086 sambungan rumah tangga di DKI Jakarta yang mendapatkan akses infrastruktur gas bumi.

Jumlah tersebut baru mengakomodir sekitar 7 persen apabila diperbandingkan dengan total jumlah bangunan hunian di DKI.

Ke depan, PGN dan Jakrpo akan memperluas kerja sama pemanfaatan infrastruktur SPBG bersama, selain untuk sektor transportasi juga dimanfaatkan penyediaan gas bumi bagi kawasan hunian, komersial di wilayah DKI Jakarta, dan sekitarnya.

Baca Juga: PGN Beri Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

Targetnya ada enam SPBG milik Jakpro yang dikelola anak usahanya yaitu jakarta utilitas propertindo (JUP) yang akan diutilisasi bersama.

Komentar