alexametrics

Rights Issue, BBRI Bakal Cetak Sejarah di Pasar Modal Tanah Air

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Rights Issue, BBRI Bakal Cetak Sejarah di Pasar Modal Tanah Air
Dirut BRI, Sunarso. (Dok: BRI)

Emiten bank pelat merah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) bakal menggelar rights issue dengan mematok harga pelaksanaan sebesar Rp 3.400 per saham.

Suara.com - Emiten bank pelat merah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) bakal menggelar rights issue dengan mematok harga pelaksanaan sebesar Rp 3.400 per saham.

Harga rights issue BBRI ini tentunya lebih lebih murah ketimbang dengan harga sahamnya saat ini yang dibandrol 3.640 per saham.

Saat ini right issue BBRI masih dalam tahap pelaksanaan dan apabila right issue yang direncanakan seluruhnya terserap pasar, maka total fundraised dari right issue BBRI sebesar Rp 95,9 triliun.

"Jumlah tersebut merupakan nilai fundraised terbesar sepanjang sejarah Bursa," kata Nyoman kepada wartawan di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: Chandra Asri Berhasil Menyelesaikan Rights Issue Rp 15,5 Triliun

Sampai dengan 14 September 2021, lanjut Nyoman dengan asumsi right issue oleh BBRI sudah dilaksanakan seluruhnya, maka total realisasi fundraised yang berasal dari right issue Perusahaan Tercatat sebesar Rp 149,27 triliun.

Aksi korporasi ini merupakan bagian dari pembentukan Holding BUMN Ultra Mikro bersama dengan PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Dimana BBRI melepas sebanyak 28.213.191.604 saham baru dengan nilai nominal Rp 50 per saham. Jumlah saham tersebut sebanyak-banyaknya 18,62 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan setelah rights issue.

Komentar