alexametrics

7 Tips Penghematan untuk Kamu yang Punya Bisnis di Masa Pandemi

Iwan Supriyatna
7 Tips Penghematan untuk Kamu yang Punya Bisnis di Masa Pandemi
Ilustrasi menghitung keuangan. (Shutterstock)

Banyak bisnis yang berusaha untuk survive atau bahkan collapse karena bisnis yang dibangun dengan susah payah gagal dalam beradaptasi.

Suara.com - Di tengah wabah pandemi Covid-19 sekarang ini, banyak bisnis yang berusaha untuk survive atau bahkan collapse karena bisnis yang dibangun dengan susah payah gagal dalam beradaptasi dengan situasi dan kondisi di tengah wabah pandemi Covid-19 ini.

Menurut Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Ikhsan Ingratubun, terdapat kurang lebih 30 juta UMKM harus gulung tikar pada tahun 2020 karena wabah pandemi Covid-19.

Penghematan dalam bisnis kalian bisa menjadi salah satu solusi untuk tetap bertahan dalam badai pandemi Covid-19 ini. Risiko kebangkrutan dapat ditanggulangi dengan optimal jika penghematan dalam bisnis kalian dijalankan secara efektif.

Solusi yang efektif dalam penghematan bisnis bisa kalian simak dalam tips-tips berikut ini seperti dilansir Suara.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Artis Punya Bisnis Startup, Ada yang Buat Situs Cari Jodoh

Audit Laporan Keuangan

Proses audit laporan keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran merupakan elemen vital dalam berbisnis, proses audit laporan keuangan harus dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan terbaik dalam bisnis kalian dan mempersiapkan skenario terbaik dan terburuk dalam bisnis kalian.

Jika kalian rutin melakukan audit laporan keuangan, kalian dapat menemukan dimana saja biaya yang tidak terlalu penting atau biaya yang mungkin bisa ditekan untuk sementara waktu selama masa pandemi ini dan kalian bisa menyesuaikan anggaran yang tersedia untuk aktivitas-aktivitas yang jauh lebih penting dalam bisnis kalian.

Selalu periksa akun-akun yang sering kalian lewati dan cek kembali apakah akun tersebut memungkinkan untuk dikurangi biayanya.

Atur Ulang Strategi Bisnis Kalian

Baca Juga: Punya Kualitas Impor, Melstore.jkt Gandeng Pengrajin Lokal untuk Produksi Sepatu

Dalam menjalankan bisnis, tentu kalian sudah memiliki tujuan jangka panjang dalam menjalankan bisnis kalian. Akan tetapi, tujuan jangka panjang dari bisnis kalian pasti terganggu oleh wabah pandemi sekarang ini.

Komentar