alexametrics

PGN Solution Beri Kesempatan Perempuan Meniti Karir di Konstruksi

Iwan Supriyatna
PGN Solution Beri Kesempatan Perempuan Meniti Karir di Konstruksi
Karyawan PT Transgasindo anak perusahaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melakukan pengecekan rutin instalasi stasiun matering di Pulau Pemping, Batam, Kepri. Stasiun matering Pulau Pemping merupakan pintu utama ekspor gas ke Singapura yang berasal dari gas produsen di Grissik, Sumatera Selatan (Antara)

PGN Solution Afiliasi Subholding Gas Pertamina senantiasa menerapkan aspek-aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di seluruh area operasi.

Suara.com - PGN Solution Afiliasi Subholding Gas Pertamina senantiasa menerapkan aspek-aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di seluruh area operasi. Sebagai perusahaan kontruksi dan maintanance jaringan infrastruktur gas bumi, penerapan K3 PGN Solution menjadi bagian dari upaya mendukung komitmen Holding Migas Pertamina terhadap SDGs (Sustainable Development Goals).

PGN Solution juga mendukung kesetaraan gender untuk mengoptimalkan wawasan dan kinerja guna menghadapi dinamika pasar. Meski mayoritas pekerjaan bersifat teknis, tidak menghalangi pekerja perempuan untuk berkontribusi maksimal.

Direktur Utama PT PGAS Solution, Erwin Simanjuntak mengungkapkan, pekerja perempuan turut mengemban peran penting di PGN Solution, bahkan diantaranya telah menduduki jabatan di level manajemen. Salah satunya Kepala Divisi K3PL HSSE dimana divisi tersebut bertanggung jawab memastikan penerapan K3 dan pengamanan (HSSE) di PGN Solution.

Salah satu penerapan K3 yaitu jam kerja aman atau jumlah waktu kerja yang dihasilkan oleh pekerja tanpa menimbulkan kehilangan waktu kerja yang disebabkan oleh kecelakaan kerja. Sepanjang tahun 2020, jumlah jam kerja aman di PGN Solution lebih dari 7,5 juta jam.

Baca Juga: Hingga Agustus, PGN Raih 75 Pelanggan Gas Baru di Sektor Retail dan Industri

Hal ini menjadi salah satu bukti komitmen PGN Solution dalam penerapaan keselamatan dan kesehatan kerja maupun HSSE dapat berjalan dengan baik.

"Selama pandemi, PGN Solution juga menekankan protokol kesehetan di setiap proyek yang ditangani," kata Erwin dalam keterangannya, Jumat (24/9/2021).

Atas kehandalan dalam penerapan K3, PGN Solution berhasil meraih juara pada ajang Miss K3 DKI Jakarta. Pagelaran Miss K3 Awards diselenggarakan oleh Tenaga Kerja Transmigrasi & Energi DKI Jakarta dalam rangka dalam rangka memperingati acara Bulan K3 Tahun 2021.

Meski baru pertama kali mengikuti ajang ini, perwakilan PGN Solution yakni Kemala Imas dan Nur Rizki Aprilianda berhasil meraih gelar Miss K3 Provinsi DKI Jakarta 2021 dengan mendapatkan piala Juara II dan Juara III.

Acara Pengukuhan DPD APKI Provinsi DKI Jakarta Periode 2020-2023 dan Penyerahan Penghargaan Keselamatan Kerja Tahun 2021 diselenggarakan pada hari Selasa 21 September 2021 di Lumire Hotel Jakarta Pusat.

Baca Juga: PGN Komitmen Optimalisasi Pemanfaatan Gas Bumi

Bersaing dengan puluhan Perwakilan Perusahaan lainnya, proses seleksi administratif sangat ketat dengan membuat video safety induction, dan video narasi tentang pentingnya penerapan di tempat kerja. Di tahap akhir, finalis melakukan wawancara dengan 3 topik berbeda yaitu Pelecehan atau Kekerasan Perempuan di Tempat Kerja, P2HIV, dan SMK3.

"Kami sangat bangga atas pencapaian dan kepercayaan yang diberikan kepada PGN Solution melalui ajang Miss K3, terlebih ajang ini perdana diikuti oleh PGN Solution. Kami harap kedepannya PGN Solution dapat terus berkomitmen menerapkan K3 di lingkungan kerja," ujar Erwin.

Melalui Miss K3 Awards, harapannya dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja meningkatkan penerapan syarat-syarat K3 oleh pekerja dengan mengembangkan kemampuan identifikasi bahaya dan menerapkan perilaku dan budaya kerja yang aman.

"No Compromise to Safety bukan hanya sekedar Budaya PGN Solution, tetapi juga menjadi komitmen kami untuk senantiasa mengutamakan keselamatan dan kesehatan dalam setiap aktivitas," pungkas Erwin.

Komentar