alexametrics

Sirkuit Mandalika Jadi Venue MotoGP 2022, Sejumlah Fasilitas Belum Dibangun

M Nurhadi
Sirkuit Mandalika Jadi Venue MotoGP 2022, Sejumlah Fasilitas Belum Dibangun
Foto udara tikungan ke 5 dan tikungan ke 6 lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Saat ini, ITDC sudah menyelesaikan pembangunan lintasan utama atau main track sirkuit.

Suara.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) memastikan sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit atau sirkuti mandalika jadi venue pramusim MotoGP.

"Tahun depan yang sudah pasti kita menjadi lokasi untuk tes pramusim atau pre-season test yang biasanya digelar di Sepang, Malaysia," ujar Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dalam konferensi pers daring, Kamis (7/10/2021).

Ia menyampaikan, Indonesia saat ini masuk sebagai ajang uji coba sebelum seri balapan MotoGP dimulai.

"Insya Allah pada Kamis jam 12.00 waktu Eropa akan diumumkan oleh Dorna terkait tanggal definitif event MotoGP di Mandalika. Nanti sore kita tunggu pengumuman tersebut akan diumumkan tanggal pastinya," katanya.

Baca Juga: Top 5 Sport: DKI Bidik Emas di Semua Kelas Motocross dan Road Race PON Papua

Saat ini, ITDC sudah menyelesaikan pembangunan lintasan utama atau main track sirkuit. Sementara, fasilitas pendukung seperti race control building, paddock dan pit stop masih akan dikejar pembangunannya.

"Jadi sekarang kami berkonsentrasi untuk menyelesaikan fasilitas pendukung dan Insya Allah pada akhir Oktober 2021 akan selesai. Hal ini dikarenakan pada 12-14 November sudah akan dimulai oleh ajang balapan Idemitsu Asia Talent Cup," kata Abdulbar.

Ajang Idemitsu Asia Talent Cup yang juga dikelola oleh Dorna Group merupakan ajang balapan bagi pembalap-pembalap berbakat yang berusia muda, dan dalam ajang ini Indonesia memiliki empat wakilnya.

Idemitsu Asia Talent Cup tersebut menjadi ajang balapan pembuka sebelum ajangWorld Superbike 2021 digelar pada 19-21 November 2021.

"Ini menjadi tujuan kita semuanya, sehingga tahun depan kita harus persiapan untuk MotoGP dan World Superbike sebagai trial untuk mencoba persiapan sirkuit dan semuanya," pungkas Abdulbar.

Baca Juga: Gagal Perpendek Jarak di Klasemen, Francesco Bagnaia Mengaku Tak Kecewa

Komentar