alexametrics

Harga BBM Indonesia Termurah Kedua di Asia Tenggara, Siapa Paling Murah?

M Nurhadi
Harga BBM Indonesia Termurah Kedua di Asia Tenggara, Siapa Paling Murah?
SPBU Shell. [Ist]

Harga BBM oktan 95 di Malaysia dijual dengan harga US$0,492 per liter, atau setara dengan Rp6.967 per liter.

Suara.com - Meski beberapa kali harga BBM di Indonesia naik, ternyata harga di dalam negeri masih terblang murah dibandingkan harga BBM di negara tetangga, khususnya Asia Tenggara.

Hanya ada satu negara yang menjual BBM lebih murah dari Indonesia yakni, Malaysia. Mengutip dari data yang disampaikan BBM untuk jenis oktan 95 per 11 Oktober 2021 di Indonesia tercatat US$0,793 per liter, atau setara dengan Rp11.233 per liter.

Sementara, melansir dari Solopos.com --jaringan Suara.com, harga BBM yang sama di Malaysia dijual dengan harga US$0,492 per liter, atau setara dengan Rp6.967 per liter.

Sedangkan negara-negara lain di Asia Tenggara menjual BBM dengan oktan 95 dengan harga kisaran di atas Rp12.000. Singapura contohnya, menjual seharga US$1,83 per liter atau setara dengan Rp26.022 per liter dan Vietnam bahkan menjual dengan harga US$1,016 per liter atau Rp14.504.

Baca Juga: Kesal Paritnya Ditutup Paksa, Pria Ini Tabrak Mobil Warga Pakai Ekskavator

Negara lain seperti Kamboja menjual BBM oktan 95 dengan harga US$1.104 per liter atau Rp15.642 per liter, Thailand US$1,155 per liter atau Rp16.495 per liter, sedangkan Laos US$1,252 per liter atau Rp.17.775 per liter, dan Filipina US$1,064 per liter atau RP15.073 per liter.

Harga BBM yang terjangkau di Malaysia ini karena adanya dukungan pemberlakuan kebijakan automatic pricing mechanism (APM) formula dalam penetapan harga BBM-nya.

Petugas SPBU Pertamina melayani pelanggan yang tengah mengisi BBM kendaraannya. [Ist]
Petugas SPBU Pertamina melayani pelanggan yang tengah mengisi BBM kendaraannya. [Ist]

Kebijakan ini dinilai mampu membuat harga BBM (RON 95 dan RON 97) lebih stabil. Sementara, solar sampai batas tertentu melalui pemberlakuan pajak penjualan dan subsidi dalam jumlah yang bervariasi.

Serupa dengan Indonesia, bensin eceran juga dapat ditemukan di Malaysia. Harga eceran juga dipengaruhi oleh besaran pajak dan subsidi dalam batas tertentu, sesuai kebijakan yang ditetapkan pemerintah.

Kebijakan APM tersebut membuat Pemerintah Malaysia mampu mengontrol harga BBM pada level tertentu melalui pemberian insentif.

Baca Juga: Legislator Sarankan Pertamina Pro Aktif Sosialisasikan Program Pertashop

Belakangan, harga minyak dunia yang terus naik membuat sejumlah negara terpaksa menerapkan penyesuaian harga BBM dalam negeri.

Komentar