alexametrics

Subholding Gas Pertamina Fokus Masuki Pasar Internasional dalam Pengapalan LNG

Chandra Iswinarno | Achmad Fauzi
Subholding Gas Pertamina Fokus Masuki Pasar Internasional dalam Pengapalan LNG
Pekerja melintas didepan kapal Hanjin Pyeong Taek yang mengangkut gas alam cair (LNG) saat pengapalan terakhir di pelabuhan LNG Arun, Lhokseumawe, Aceh, Senin (15/10). [Antara/Rahmad]

Member Subholding Gas Pertamina, PT Perta Arun Gas (PAG) bakal fokus memasuki pasar internasional dalam pengapalan (reloading) gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG).

Suara.com - Member Subholding Gas Pertamina, PT Perta Arun Gas (PAG) bakal fokus memasuki pasar internasional dalam pengapalan (reloading) gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG).

President Direktur PT Perta Arun Gas Arif Widodo mengatakan, sampai saat ini, pihaknya telah berhasil melakukan bongkar muat (unloading dan reloading) sejumlah kargo LNG yang dimiliki oleh berbagai pihak. 

"Kami berencana mengembangkan bisnis ini dengan memanfaatkan 4 unit tangki LNG berkapasitas total 508.000 m3 dengan masing-masing tangki berkapasitas 127.000 m3. Ini menjadi salah satu milestone PAG yang sangat baik dalam memperluas jaringan pasar global dan meningkatkan value perusahaan," ujar Arif dalam keterangannya, Kamis (28/10/2021).

Arif melanjutkan, setelah berhasil melakukan pengapalan kargo LNG perdana ke pasar internasional pada 14 - 15 Januari 2021 lalu, PAG kembali mencatat kesuksesan pengapalan internasional.

Baca Juga: Pertamina Gandeng TotalEnergies Manfaatkan Gas Alam Cair Arun

"Kerjasama PAG dengan customer-nya ini kembali membuktikan kemampuan PAG sebagai pengelola PLB (Pusat Logistik Berikat) LNG patut diperhitungkan dijadikan kawasan Pusat LNG Hub di Asia," kata dia.

Lebih lanjut, tutur Arief, PAG juga melakukan proses cooling down untuk kapal-kapal LNG yang akan melakukan reloading. Rata-rata proses loading kapal LNG memakan waktu lebih singkat dari maksimum laytime

"Di sisi lain juga menegaskan komitmen PAG menjadikan pelabuhan khusus yang dapat melayani kebutuhan kapal berstandar Internasional," katanya.

Semua pengembangan kegiatan bisnis di Kawasan eks-aset PT Arun NGL tersebut, tambah Arif, selain ditujukan sebagai pemenuhan target pendapatan perusahaan, juga upaya PAG dalam memberikan kontribusi pada Pembangunan Perekonomian Aceh

"Salah satunya dengan menciptakan lapangan kerja bagi putra -putri generasi Aceh," katanya.

Baca Juga: PLTMG Arun Stop Beroperasi, Aceh Alami Krisis Listrik

Komentar