facebook

Presiden Segera Menuju Uni Emirat Arab, Indonesia Siap Diguyur Investasi US$9,29 Miliar

M Nurhadi
Presiden Segera Menuju Uni Emirat Arab, Indonesia Siap Diguyur Investasi US$9,29 Miliar
Presiden Jokowi berbicara di KTT COP26. (foto: bidik layar video)

Jokowi akan berjumpa dengan Pangeran Mohammed Bin Zayed (MBZ), untuk meninjau sejumlah infrastruktur hingga bertemu dengan para tokoh dan pebisnis Uni Emirat Arab.

Suara.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan segera menuju Abu Dhabi, Uni Emirat Arab setelah pertemuan KTT Pemimpin Dunia COP26 di Glasgow, Skotlandia selesai.

Di kota megah itu, Presiden Jokowi akan berjumpa dengan Pangeran Mohammed Bin Zayed (MBZ), untuk meninjau sejumlah infrastruktur hingga bertemu dengan para tokoh dan pebisnis Persatuan Emirat Arab. 

Pangeran Mohammed Bin Zayed (MBZ) merupakan putra dari raja presiden UEA yang juga merupakan keponakan dari pemilik klub bola liga Inggris Manchester City, Mansour bin Zayed Al Nahyan.

Dua hari di Glasgow, Jokowi menjalani sejumlah agenda kerja yang cukup padat. Presiden Jokowi diketahui sudah bertemu dengan sejumlah CEO perusahaan dunia pada hari pertama.

Baca Juga: Bertemu Emmanuel Macron, Jokowi Apresiasi Kerja Sama Pertahanan Indonesia-Prancis

Pertemuan itu bertujuan mempercepat realisasi komitmen investasi perusahaan yang hadir dalam pertemuan yang mencapai 9,29 miliar Dolar Amerika Serikat (AS), guna mendukung percepatan transisi energi dan ekonomi hijau di Indonesia. 

Mantan Wali Kota Solo ini juga turut hadir dalam upacara pembukaan KTT Pemimpin Dunia COP26 yang digelar di Scottish Event Campus (SEC). 

Jokowi menegaskan komitmen Indonesia dalam penanganan perubahan iklim, antara lain laju deforestasi yang turun signifikan dan terendah dalam 20 tahun terakhir hingga penurunan kebakaran hutan sebesar 82 persen pada 2020, melalui pidatonya.

Di sela-sela KTT COP26, Presiden Jokowi juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Palestina Mohammad Ibrahim Shtayyeh dan menegaskan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan Palestina menjadi negara yang merdeka.

Baca Juga: Artis Ramai-ramai Bagi Saham di Momen Perayaan Hari Sumpah Pemuda

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar