facebook

5 Cara Cek Uang Asli atau Palsu dari Teliti Warna hingga Bahan Bakunya

Rifan Aditya
5 Cara Cek Uang Asli atau Palsu dari Teliti Warna hingga Bahan Bakunya
5 Cara Cek Uang Asli atau Palsu dari Teliti Warna hingga Bahan Bakunya - Uang palsu dari ATM (twitter.com/ridwanhr)

Berikut cara cek uang asli atau palsu paling mudah untuk menghindari isu penipuan.

Suara.com - Seringkali terdapat isu penipuan yang melibatkan uang palsu beredar. Maka perlu adanya informasi yang jelas mengenai perbedaaan uang asli dan uang palsu. Bagaimana cara cek uang asli atau palsu?

Uang palsu sangat merugikan. Jika terdeteksi palsu, maka uang tersebut tidak dapat digunakan sebagai alat tukar resmi. Sebenarnya uang asli memiliki ciri yang sangat khas yang tidak dapat ditiru. Berikut cara cek uang asli atau palsu paling mudah untuk menghindari isu penipuan.

1.     Warna Uang 

Warna uang asli dan palsu seringkali terlihat sama. Jika memperhatikan uang pecahan Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, dan Rp 20 ribu, kamu akan menemukan perbedaan pada warna.

Baca Juga: Viral Pria Curhat Dapat Uang Palsu, Padahal Ambil Uang di ATM Bank BUMN

Sebagai contoh, pecahan Rp 100 ribu yang asli memiliki warna keemasan. Namun, jika melihat dari sudut berbeda, warna akan berubah menjadi kehijauan. 

2.     Gambar Tersembunyi

Salah satu tips membedakan uang asli dan palsu adalah dengan melihat gambar tersembunyi. Pada uang asli, terdapat dua gambar tersembunyi yaitu gambar multi warna dan gambar satu warna. Gambar multi warna bisa dilihat pada beberapa uang pecahan seperti Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu. 

Sebagai contoh, pada uang pecahan Rp10 ribu, kamu bisa melihat gambar tersembunyi berupa angka 10 dengan kombinasi warna ungu, biru, dan kuning. 

3.     Menggunakan Sinar Ultraviolet

Baca Juga: QRIS Cegah Peredaran Uang Palsu

Menyinari uang dengan sinar ultraviolet merupakan cara cek uang asli atau palsu adalah menggunakan sinar ultraviolet. Ketika disinari ultraviolet, uang asli akan berpendar sedangkan uang palsu tidak. 

Komentar