facebook

Paklaring adalah Dokumen Keterangan Kerja, Ini Penjelasan Lengkap dan Contoh

M Nurhadi
Paklaring adalah Dokumen Keterangan Kerja, Ini Penjelasan Lengkap dan Contoh
Ilustrasi kerja (Unsplash)

Paklaring adalah surat keterangan kerja yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada karyawan.

Suara.com - Ketika mengajukan resign dari sebuah pekerjaan, anda akan mendapatkan paklaring. Dilansir dari berbagai sumber, Paklaring adalah surat keterangan yang menyebutkan bahwa seseorang pernah bekerja di sebuah instansi dan menjabat pada posisi tertentu. Paklaring juga biasanya dilengkapi dengan masa kerja karyawan yang bersangkutan. 

Beberapa perusahaan mensyaratkan paklaring untuk melamar pekerjaan baru bagi karyawan berpengalaman. Oleh sebab itu, paklaring merupakan dokumen profesional yang cukup krusial.

Pasalnya, paklaring juga menunjukkan kinerja karyawan dalam sebuah perusahaan. Di samping itu, paklaring juga masih menjadi syarat untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan apabila karyawan memutuskan keluar dari tempat bekerja. 

Melalui paklaring perusahaan baru biasanya akan menilai kinerja karyawan. Terutama soal loyalitas karena di sana dicantumkan masa kerja. Biasanya karyawan dianggap telah berkinerja baik jika memiliki masa kerja di atas satu tahun. Beberapa perusahaan juga memiliki kebijakan karyawan boleh mendapatkan paklaring jika sudah melewati masa kerja satu tahun tersebut. Jika tidak, karyawan dianggap kurang loyal. 

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Tidak cuma untuk urusan pekerjaan, paklaring juga bisa digunakan untuk memperoleh beasiswa pendidikan dari jalur profesional. Pasalnya beasiswa dari jalur ini membutuhkan bukti pengalaman kerja yang tercantum dalam paklaring. Paklaring juga bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman di bank maupun KPR.

Berikut contoh surat paklaring

PT KARYA BERSAMA SEJAHTERA

Jl. Kemerdekaan No. 4 Semarang

SURAT PAKLARING

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dari Kepala Surat, Isi Surat Hingga Kata-kata Penutup

No.: 01/HRD/VI/2020

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar