facebook

Harga Emas Meredup Tertekan Kuatnya Dolar AS dan Imbal Hasil Treasury

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Harga Emas Meredup Tertekan Kuatnya Dolar AS dan Imbal Hasil Treasury
Ilustrasi emas - cara jual emas agar untung (Pixabay)

Harga emas melemah pada perdagangan Senin, tertekan penguatan dolar AS dan imbal hasil Treasury.

Suara.com - Harga emas melemah pada perdagangan Senin, tertekan penguatan dolar AS dan imbal hasil Treasury.

Mengutip CNBC, Selasa (7/6/2022) harga emas di pasar spot turun 0,5 persen menjadi USD1.841,29 per ounce, sementara emas berjangka Amerika Serikat ditutup berkurang 0,4 persen menjadi USD1.843,70.

Imbal hasil US Treasury bergerak lebih tinggi menjelang data Jumat yang diperkirakan menunjukkan inflasi masih tinggi. Dolar juga menguat, membuat emas kurang menarik bagi pembeli yang menggunakan mata uang lain.

Meski emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, suku bunga yang lebih tinggi untuk menjinakkan tekanan harga meredupkan selera bagi logam kuning yang tidak memberikan imbal hasil.

Baca Juga: Atlet Peraih Emas di Sea Games Vietnam Asal Kabupaten Gowa Dapat Bonus Uang Rp70 Juta

"Jika kita mendapatkan sedikit laporan inflasi yang lebih panas, emas akan melemah. Ini adalah semacam pendekatan wait-and-see sejauh mana kita akan mengetahui seberapa jauh Fed akan menaikkan suku bunga untuk mengendalikan inflasi," kata Edward Moya, analis OANDA.

Tetapi keyakinan secara keseluruhan bahwa inflasi melambat dan akan terus melambat, bersama dengan kebijakan Fed yang sudah diperhitungkan, akan memberikan stabilitas bagi harga emas, tambah Moya.

Kendati The Fed berada di jalur untuk menaikkan suku bunga setengah poin pada pertemuan kebijakan Juni dan Juli, angka inflasi yang tinggi akan menambah ekspektasi pengetatan agresif bahkan pada semester kedua tahun ini.

"Perdagangan musim panas secara resmi dimulai, yang menunjukkan harga bisa tetap terikat pada kisaran dekat USD1.850, tetapi pengaturannya tetap untuk likuidasi tambahan di cakrawala," kata TD Securities.

Sementara itu harga perak naik 0,9 persen menjadi USD22,11 per ounce, paladium melonjak 1,4 persen menjadi USD2.003,42 dan platinum melambung 1,5 persen menjadi USD1.029,00.

Baca Juga: Viral Video Emak-emak Pakai Gelang Emas Berukuran Anti Mainstream, Warganet: Thanos Kah?

Komentar