facebook

4 Bisnis yang Cocok Saat Idul Adha, Raup Untung di Hari yang Mulia

M Nurhadi
4 Bisnis yang Cocok Saat Idul Adha, Raup Untung di Hari yang Mulia
Presiden Jokowi membeli sapi kurban dari peternak bernama Ade Ariyanto di Desa Arombu, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara [Telisik.id]

Idul Adha adalah kesempatan membuka bisnis yang berhubungan dengan daging kurban. Berikut ini alternatifnya.

Suara.com - Hari Raya Idul Adha sebentar lagi. Bisnis yang cocok saat Idul Adha mulai dilirik para pengusaha. Kendati demikian, bakal ada perbedaan waktu penetapan Idul Adha oleh pemerintah dan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Pemerintah menetapkan Idul Adha atau 10 Dzulhijah akan jatuh pada 10 Juli 2022 mendatang. Sementara PP Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha pada 9 Juli 2022. 

Perbedaan waktu Idul Adha ini tidak akan berpengaruh besar bagi pembukaan bisnis. Pasalnya, orang-orang biasanya menikmati suasana Idul Adha selama sepekan lebih. Suasana ini bisa menjadi bisnis yang cocok saat Idul Adha. Berikut beberapa di antaranya. 

1. Jasa Penggilingan Daging

Jasa penggilingan daging pasti menjadi yang paling laris saat Idul Adha. Bagaimana tidak, setiap rumah pasti memperoleh daging kurban dan mereka akan bingung mengolahnya. Apalagi proses mengiris daging juga membutuhkan tenaga dan teknik khusus. Karena itu, sebagian orang pasti lebih memilih menggiling daging untuk disimpan atau dibikin makanan olahan. 

Baca Juga: 10 Potret Ria Ricis Hunting Hewan Kurban, Berani Mengelus dan Mencium

2. Jual Bumbu Rendang

Makanan olahan daging paling populer di Indonesia adalah rendang. Makanan ini bahkan sudah terkenal menjadi makanan paling enak di dunia. Tentu saja, banyak orang akan memilih mengolah daging mereka menjadi rendang di hari Idul Adha. Namun, membuat rendang ternyata tak mudah. Selain bumbunya yang kompleks, proses memasaknya pun lama sehingga membuat orang enggan melakukannya. Namun, kondisi ini justru menjadi sinyal pasar bagi pelaku bisnis. Menjual bumbu rendang akan membuat proses masak menjadi lebih praktis. 

3. Jual Tusuk Satai dan Arang

Bebakaran satai juga menjadi aktivitas rutin saban Idul Adha untuk menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Ide bisnis berjualan tusuk satai dan arang akan meraup untung besar mengingat banyak orang yang membutuhkannya. 

4. Jasa Memasak Daging

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat, Idul Adha Minggu 10 Juli

Banyak orang tetap bekerja meski di hari raya Idul Adha. Alhasil mereka tidak punya cukup waktu untuk mengolah daging kurban dan hanya berujung memasaknya dengan asal-asalan. Ini bisa menjadi peluang bisnis bagi anda yang suka berkutat di dapur. Tawarkan jasa memasak daging kurban kepada tetangga atau kerabat. Tekankan bahwa pelanggan bisa meminta masakan tertentu sesuai selera. 

Komentar