Piala Dunia 2022 Qatar Untungkan FIFA Lebih dari Rp1 Triliun Dibanding Tahun 2018

M Nurhadi
Piala Dunia 2022 Qatar Untungkan FIFA Lebih dari Rp1 Triliun Dibanding Tahun 2018
Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan bola resmi Piala Dunia 2022 Qatar di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali. Bola resmi tersebut diberikan Gianni kepada seluruh pimpinan negara yang hadir pada forum tersebut. [Dok. Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden]

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengatakan, pendapatan dari hak siar media naik sekitar $200 juta dibandingkan dengan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Suara.com - FIFA mendapatkan pemasukan hingga 700 juta dolar AS lebih banyak dibanding empat tahun lalu berkat Piala Dunia 2022 Qatar

Presiden FIFA, Gianni Infantino mengatakan, pendapatan dari hak siar media naik sekitar $200 juta dibandingkan dengan Piala Dunia 2018 di Rusia, sponsor ada tambahan $200 juta dan dari tiket serta hospitality akan menghasilkan $200 hingga $300 juta lebih banyak.

"Secara keseluruhan, Piala Dunia 2022 ini akan memberi penghasilan bagi FIFA sekitar $600-$700 juta lebih banyak daripada Piala Dunia terakhir sebelumnya," katanya menjelang pertandingan pembukaan hari Minggu (20/11/2022) antara Qatar dan Ekuador, seperti dilansir AFP.

Ia menambahkan, pendapatan global FIFA selama empat tahun terakhir kepada asosiasi-asosiasi sepak bola nasional.

Baca Juga: Dua Calon Timnas Indonesia FIFA Matchday Maret 2023, Ini Penilaian Netizen

Infantino juga secara keras menentang kritik terhadap Piala Dunia 2022 Qatar yang kerap kali menyinggung hak asasi manusia dan isu iklim.

"Saya sebelumnya diberitahu bahwa sponsor akan meninggalkan FIFA, orang-orang akan mematikan TV mereka, mereka tidak akan menonton Piala Dunia karena skandal itu, tidak ada yang akan datang ke Qatar karena musim dingin," ujar dia.

Ia justru memuji investor piala dunia di Qatar karena memperlihatkan kepercayaan terhadap FIFA serta Qatar.

"Entah orang-orang itu bodoh, atau seseorang, mereka yang mengatakan tidak ada yang akan menontonnya, bahwa tidak ada yang peduli dengan Piala Dunia ini, mungkin sedikit salah karena beberapa jajak pendapat di beberapa negara juga salah," ujar dia.

Baca Juga: Akibat Hal Ini Menpora Sayangkan Timnas Argentina Tak Ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia