Permak Habis Sevilla 5-0, Barcelona Kampiun Copa del Rey

Rully Fauzi
Permak Habis Sevilla 5-0, Barcelona Kampiun Copa del Rey
Barcelona juara Copa del Rey 2017/2018 (AFP/LLUIS GENE)

Aktor kemenangan Barca siapa lagi kalau bukan Lionel Messi dan Luis Suarez.

Suara.com - Barcelona rupanya masih terlalu kuat bagi Sevilla. Bentrok pada partai final Copa del Rey, Minggu (22/4/2018) dini hari WIB, Barcelona mempermak habis sang lawan dengan skor 5-0! Aktor kemenangan Barca? Siapa lagi kalau bukan dua megabintang, Lionel Messi dan Luis Suarez.

Bertanding di tempat netral, yakni Estadio Wanda Metropolitano yang merupakan markas Atletico Madrid, Barca memang benar-benar menang segalanya atas Sevilla. Suarez sendiri menyumbang dua gol dini hari tadi, sementara Messi juga tak kalah hebat dengan satu gol dan dua assist.

Di babak pertama Barca sudah unggul 3-0. Tak butuh waktu terlalu lama bagi armada Ernesto Valverde untuk membuka keunggulan, yakni di menit 14, usai menghukum kelengahan Sevilla. Kiper Barca Jasper Cillessen memanfaatkan pertahanan garis tinggi Sevilla dan mengirimkan umpan direct ke Philippe Coutinho di sisi kanan.

Coutinho berlari tak terkawal sementara Suarez bersiap di tengah. Dari tepi kotak penalti di sebelah kanan, Coutinho pun melepaskan umpan silang melewati kiper Sevilla, David Soria dan disontek Suarez ke gawang kosong.

Di menit 31, Sevilla kembali kebobolan. Jordi Alba merangsek dan mencoba melakukan umpan satu-dua dengan Andres Iniesta. Bola sempat coba disapu bek Sevilla, tapi kembali jatuh ke kaki Alba. Dengan brilian, sang fullback kiri pun mengoper ke belakang dengan tumit dan bola darinya disambar Messi ke dalam gawang. 2-0 untuk Barca!

Barcelona kembali menambah gol di menit 40. Suarez yang menyerang secara agresif, memberikan bola ke Messi saat memasuki daerah sepertiga akhir Sevilla.

Coutinho terlihat sudah menunggu operan di kanan, tapi Messi memilih memberikan umpan terobosan ke Suarez di tengah. Dengan dingin, Suarez menceploskan bola melewati Soria. 3-0 Barca unggul di paruh pertama.

Di paruh kedua, Sevilla mencoba tampil jauh lebih ofensif dan lebih berani. Namun, keasyikan menyerang, gawang mereka kebobolan untuk kali keempat di menit 52.

Iniesta membangun serangan dari tengah, lalu memainkan umpan satu-dua dengan Messi. Iniesta lalu menggiring bola ke sisi kanan di dalam kotak penalti, melewati kiper yang maju untuk menghadang, lalu menceploskan bola dari sudut sempit.

Penderitaan Sevilla kian menjadi-jadi usai dihukum penalti di menit 68. Coutinho mulanya mendapatkan bola yang memantul dari Clement Lenglet dan menceploskannya ke dalam gawang.

Tapi, wasit memutuskan Lenglet sebelumnya melakukan handsball. Gol dibatalkan namun penalti diberikan. Coutinho maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankannya. Satu gol dan satu assist di laga ini bagi eks bintang Liverpool itu.

Telah unggul 5-0, Barca pun menurunkan tempo permainan meski tetap menguasai penuh jalannya laga. Skor mencolok bagi keunggulan Barca itu pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan wasit.

Keluar sebagai kampiun Copa del Rey, Barca pun berpeluang besar meraih double winnners musim ini, mengawinkan trofi cup competition tersebut dengan titel Liga Spanyol, yang diyakini juga akan direngkuh Blaugrana dalam waktu dekat ini.

Susunan Pemain:

Barcelona: Cillessen; Sergi Roberto, Pique, Umtiti, Alba; Coutinho/Dembele, Busquets/Paulinho, Rakitic, Iniesta/Denis Suarez; Messi, Luis Suarez.

Sevilla: David Soria; Jesus Navas, Mercado, Lenglet, Escudero; N'Zonzi, Banega; Sarabia/Layun, Vazquez/Nolito, Joaquin Correa/Sandro; Muriel.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS