Tundukkan Arab Saudi, Uruguay Melaju ke Fase Gugur

Syaiful Rachman
Tundukkan Arab Saudi, Uruguay Melaju ke Fase Gugur
Pemain Uruguay rayakan gol Luis Suarez (tengah) ke gawang Arab Saudi di Rostov Arena, Rabu (20/6/2018) [AFP]

Gol tunggal Luis Suarez antar Uruguay ke babak 16 besar.

Suara.com - Sukses menundukkan Mesir di laga perdana, kemenangan kembali diraih Uruguay di laga keduanya di Grup A Piala Dunia 2018. Menghadapi Arab Saudi, La Celeste menang tipis dengan skor 1-0.

Dengan kemenangan tersebut, Uruguay yang saat ini mengantongi enam poin memastikan satu tempat di babak 16 besar. Di laga terakhirnya kontra Rusia, Uruguay akan memperebutkan posisi pemuncak klasemen.

Jalannya Pertandingan

Uruguay mengambil inisiatif serangan lebih dulu saat menghadapi Arab Saudi di Rostov Arena. Serangan cepat La Celeste di awal laga nyaris mengubah papan skor andai sepakan keras Luis Suarez tidak diblok oleh pemain bertahanan Saudi, Osama Hawsawi.

Saudi yang sebelumnya diperkirakan bakal bermain bertahan, justru berani bermain terbuka. Jual beli serangan pun terjadi antara kedua tim, meski belum mampu mengubah kedudukan selama 20 menit pertandingan bergulir.

Memasuki menit 23, papan skor akhirnya berubah. Menuruskan bola yang dilepaskan Sanchez dari penjuru lapangan, Luis Suarez berhasil mengubah papan skor menjadi 1-0 setelah sepakan akuratnya tidak mampu dibendung oleh penjaga gawang The Green Falcons Mohammed Al Owais.

Tak sampai satu menit berselang, Uruguay nyaris menggandakan keunggulan lewat sepakan keras Edinson Cavani dari sisi kanan area penalti. Beruntung bagi Saudi, bola berhasil diblok oleh Hawsawi.

Di babak kedua, Saudi meningkatkan tempo permainan dan melancarkan serangan demi sebuah gol penyeimbang. Aksi Salman Al-Faraj dan Fahad Al- Muwallad beberapa kali mampu merepotkan barisan pertahanan La Celeste, namun belum mampu menggetarkan gawang yang dikawal Fernando Muslera.

Menghadapi permainan cepat Saudi, Uruguay pun tidak tinggal diam. Serangan balik cepat beberapa kali dilancarkan Suarez dan kawan-kawan dan nyaris menggandakan keunggulan.

Diantaranya sepakan keras yang dilepaskan Torreira di menit 79. Aksi pemain Sampdoria itu nyaris membuahkan hasil jika saja bola tidak membentur rekannya sendiri, Cavani, yang mengakibatkan bola melenceng tipis di sisi kiri gawang Saudi.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 1-0 untuk kemenangan Uruguay tetap bertahan. Dengan hasil ini, Uruguay memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain:
Uruguay (4-4-2): Fernando Muslera; Jose Gimenez, Diego Godin, Guillermo Varela, Martin Caceres; Carlos Sanchez, Rodrigo Bentancur, Cristian Rodriguez, Matias Vecino; Luis Suarez, Edinson Cavani.

Arab Saudi (4-1-4-1): Mohammed Al Owais; Osama Hawsawi, Ali Albulayhi, Mohammed Al-Burayk, Yasir Al Shahrani; Salman Al Faraj, Hattan Sultan Babhir, Abdullah Otayf, Taisir Al-Jassim, Salem Al-Dawsari; Fahad Al-Muwallad.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS