Jelang Final Piala Dunia, Kroasia Didenda oleh FIFA

Ferry Noviandi
Jelang Final Piala Dunia, Kroasia Didenda oleh FIFA
Para pemain Kroasia merayakan gol Ivan Perisic ke gawang Inggris. (Anadolu Agency)

Selain Kroasia, asosiasi sepak bola Swedia juga mendapat hukuman dari FIFA.

Suara.com - Jelang Final Piala Dunia 2018, asosiasi sepakbola kroasia (HNS) didena oleh FIFA sebesar 50.000 francs Swiss atau senilai Rp 716,6 juta pada Jumat (13/7/2018). 

FIFA mendenda HNS karena sejumlah pemain Kroasia dianggap melangggar peraturan-peraturan pemasaran dan media badan sepak bola dunia itu terkait perlengkapan bermain.

"Denda sebesar 50.000 franc Swiss dan peringatan kepada Federasi Sepak Bola Kroasia karena melanggar Peraturan Media dan Pemasaran dan Peraturan Peralatan FIFA," kata FIFA, seperti dikutip dari Antara.

"Secara khusus dan meski sebelumnya telah diminta FIFA untuk menghentikan aktivitas yang memicu pelanggaran dan menerima sanksi pada 5 Juli 2018, seorang anggota tim nasional Kroasia menampilkan merek komersial tidak sah pada perlengkapan permainan pada pertandingan semifinal antara Kroasia dan Inggris," kata mereka.

Kroasia bukan satu-satunya yang mendapat hukuman dari FIFA. Fifa juga menghukum asosiasi sepakbola Swedia (SvFF).

"Meski sebelumnya telah diminta menghentikan aktivitas yang memicu pelanggaran dan menerima sanksi pada 6 Juli 2018, seorang anggota tim nasional Swedia (bukan beberapa pemain seperti pada kasus sebelumnya) menampilkan merek komersial yang tidak sah pada perlengkapan permainan pada pertandingan perempat final melawan Swedia dan Inggris," kata FIFA.

Sementara itu, Kroasia akan menghadapi Prancis pada Final Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Stadion Luzhniki Moskow, Minggu (15/7/2018) pukul 22.00 WIB. Ini merupakan partai final pertama bagi Kroasia. Sedangkan Prancis ingin mengulang sukses menjadi juara Piala Dunia seperti 20 tahun lalu, yang mereka peroleh di rumah sendiri.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS