Diisukan Bakal Latih Timnas Indonesia, McMenemy Merasa Terhormat

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Diisukan Bakal Latih Timnas Indonesia, McMenemy Merasa Terhormat
Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy (tengah) di Stadion PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta. [Suara.com/Arief Apriadi]

Simon McMenemy saat ini masih menjabat sebagai juru taktik Bhayangkara FC.

Suara.com - Teka-teki siapa yang bakal jadi pelatih Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2018 masih belum terjawab hingga kini. PSSI sendiri sejatinya telah memutuskan untuk kembali memilih Luis Milla sebagai pelatih kepala, setelah memberikan perpanjangan kontrak selama satu tahun. 

Yang jadi masalah, Milla hingga kini belum memberikan jawaban atas permintaan dari PSSI itu. Padahal, timnas senior Indonesia membutuhkan persiapan, mengingat Piala AFF 2018 akan digelar pada November 2018.

Berbagai spekulasi pun muncul. Salah satunya adalah pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy, yang disebut menjadi kandidat pelatih Timnas Indonesia berikutnya jika Luis Milla akhirnya menolak membesut skuat Garuda.

Menanggapi hal tersebut, McMenemy pun mengaku merasa terhormat. Namun, untuk saat ini dirinya masih ingin fokus bersama Bhayangkara FC di Liga 1 2018.

"Soal rumor itu, sama kayak kalian (jurnalis), saya juga tahu. Saya banyak dapat pertanyaan, apa benar jadi kandidat pelatih timnas. Saya jawab gak tau. Dan memang seperti itu," kata McMenemy di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu (12/9/2018).

"Tapi kalau dibilang kandidat, ini benar-benar jadi sebuah kehormatan buat saya, jadi kebanggaan tersendiri. Tapi saat ini saya 100 persen fokus ke Bhayangkara menang dahulu," tambah juru taktik asal Skotlandia berusia 40 tahun itu. 

Lebih lanjut, McMenemy -yang musim lalu membawa Bhayangkara kampiun Liga 1- menjelaskan jika melatih Timnas Indonesia bisa jadi akan lebih mudah dari pekerjaannya sekarang. Menurutnya, Indonesia sudah memiliki banyak pemain berbakat, sehingga memang bisa bersaing untuk gelar juara di Piala AFF nanti. 

Ini belum ditambah dukungan suporter Tanah Air untuk timnas yang memang masif. McMenemy sendiri mengaku pernah merasa ciut saat memimpin timnya, yakni Timnas Filipina saat berhadapan dengan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2010 silam yang memang digelat di Indonesia. 

"Di Indonesia sekarang punya banyak pemain bagus, siapapun yang melatih, dia punya banyak pilihan pemain. Semoga Indonesia bisa dapat performa dan hasil bagus di Piala AFF nanti," tutur McMenemy. 

"Saya pernah punya pengalaman saat jadi lawan Indonesia, saat saya jadi pelatih Timnas Filipina. Saya merasakan atmosfer penonton, suporter di sini memang luar biasa. Jujur saya merasa ketakutan, terintimidasi juga waktu itu," ungkapnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS