Apresiasi Kemenangan atas Liverpool, Tuchel: Hal Besar untuk PSG!

Rully Fauzi
Apresiasi Kemenangan atas Liverpool, Tuchel: Hal Besar untuk PSG!
Pelatih Paris Saint-Germain, Thomas Tuchel (kanan) merayakan kemenangan atas Liverpool bersama para pemain, pada laga matchday 5 Grup C Liga Champions 2018/2019 di Parc des Princes, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB. [FRANCK FIFE / AFP]

PSG menundukkan Liverpool 2-1 di Parc des Princes.

Suara.com - Pelatih Paris Saint-Germain (PSG), Thomas Tuchel, menyebut kemenangan atas Liverpool dalam laga matchday 5 Grup C Liga Champions 2018/2019 merupakan langkah besar untuk timnya. PSG menang dengan skor 2-1 di Parc des Princes, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB.

Tuchel mengakui, sejak sebelum melakoni partai ini, ia telah mewanti-wanti kepada pasukannya bahwa laga ini menjadi kesempatan terakhir untuk mereka memperlihatkan bisa bersaing melawan tim sekelas Liverpool.

Dan benar saja, PSG mampu tampil spartan dan efisien hingga akhirnya mengamankan kemenangan. Dua gol Juan Bernat dan Neymar Jr hanya bisa dibalas sekali oleh Liverpool pada akhir babak pertama, itupun melalui penalti James Milner.

"Ini kesempatan terakhir kami untuk menunjukkan kemampuan bersaing dengan tim sekelas Liverpool. Liverpool saat ini merupakan salah satu raksasa di Eropa, mereka hebat di kompetisi domestik, Mereka juga memiliki mentalitas yang luar biasa," buka Tuchel sebagaimana dilansir laman resmi UEFA.

"Namun kami menunjukkan jika kami bisa bersaing. Kami ada di level mereka. Bahkan, faktanya kami berhasil mengalahkan mereka malam ini. Kemenangan ini adalah sesuatu yang besar untuk PSG," sambung pelatih asal Jerman itu.

"Kami bermain dengan energi yang luar biasa, sebagai sebuah tim dan bekerja begitu keras. Mentalitas kami sangat luar biasa dan akhirnya bisa memenangi pertandingan yang bukan cuma ketat, tetapi juga penting," tutur Tuchel.

Tuchel juga melontarkan pujian kepada para pemainnya yang bisa membendung trio maut di lini depan Liverpool, yakni Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino, yang praktis tak bisa berbuat banyak di sepanjang pertandingan.

"Saya sangat bangga tim bisa memperlihatkan kepada penggemar kerja sama yang baik. Tentu sulit bertahan melawan Salah, Mane dan Firmino. Namun setiap pemain rela berkorban demi rekan-rekannya," puji Tuchel.

"Itu adalah sikap yang dibutuhkan untuk bisa mengalahkan Liverpool. Kemenangan ini adalah sebuah langkah besar bagi kami," imbuh eks juru taktik Borussia Dortmund tersebut.

Dengan kemenangan ini, PSG naik ke peringkat kedua klasemen sementara Grup C dengan 8 poin dari lima laga. Sementara itu, Liverpool turun ke peringkat ketiga dengan 6 poin dari lima pertandingan.

Posisi puncak sendiri masih ditempati Napoli (9 poin), yang di saat bersamaan berhasil melibas tim peringkat buncit (4 poin), Red Star Belgrade di Naples dengan skor 3-1.

Sampai matchday 5 rampung, memang belum ada tim dari Grup C yang berhasil mengamankan tiket ke babak 16 besar. Napoli, PSG dan Liverpool masih sama-sama punya peluang untuk melenggang.

Di matchday pamungkas dua pekan mendatang, Liverpool akan menjalani partai hidup mati kontra Napoli di Anfield. Sementara itu, PSG akan melakoni perjalanan ke Serbia untuk menantang Red Star.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS