Hajar Fiorentina 0-3, Juventus Tak Terbendung

Bangun Santoso
Hajar Fiorentina 0-3, Juventus Tak Terbendung
Cristiano Ronaldo merayakan golnya setelah mencetak gol pembuka ke gawangn Manchester United selama pertandingan Grop H Liga Champions Juventus melawan Manchester United di Stadion Allianz, Turin, Italia, Kamis (8/11). [AFP/Marco BERTORELLO]

Dengan kemenangan ini, Juventus mengkokohkan diri di puncak klasemen Seri A Liga Italia dengan selisih 11 poin dari Napoli

Suara.com - Juventus sukses mempecundangi tuan rumah Fiorentina dengan skor 3-0 dalam pertandingan pekan ke-14 Liga Italiayang dimainkan di Stadion Artemio Franchi, Firenze, Italia, pada Minggu dini hari WIB, hasil yang membawa mereka memuncaki klasemen dengan keunggulan 11 poin atas tim peringkat kedua Napoli.

Ketiga gol sang juara bertahan dibukukan oleh Rodrigo Bentancur, Giorgio Chiellini, dan penaltiCristiano Ronaldo, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Italia.

Sebelum pertandingan dimulai, sejumlah pemain internasional Italia dan mantan pemain Fiorentina Juan Cuadrado meletakkan karangan bunga di tepi lapangan untuk mengenang almarhum kapten Viola Davide Astori.

Jalannya pertandingan:

Menghadapi musuh bebuyutannya ini, Fiorentina berupaya menggebrak sejak awal laga, Marco Benassi melepaskan sepakan yang melebar dari gawang Juve pada menit pertama, kemudian Edimilson Fernandes mencuri bola dari penguasaan Chiellini di kotak penaltinya sendiri, dan menguji kiper Wojciech Szczesny.

Juventus merasa mereka semestinya mendapat penalti ketika umpan silang mendatar Mattia De Sciglio mengenai lengan Cristiano Biraghi, namun setelah meninjau VAR, wasit menolak memberikan penalti terhadap tim tamu.

Pasukan Massimiliano Allegri baru mampu membuka keunggulan pada menit ke-31 melalui upaya solo Bentancur. Legiun Uruguay itu memainkan operan satu-dua dengan Paulo Dybala, bergerak memotong, dan menaklukkan Jordan Veretout dengan sepakan yang mengarah ke sudut gawang. Kiper Alban Lafont menduga bola akan menuju tiang jauh, dan ia terkecoh.

Fiorentina berupaya bangkit, Nikola Milenkovic melepaskan umpan silang dari kanan yang terdefleksi, untuk diteruskan sepakan Giovanni Simeone yang masih dapat diantisipasi Szczesny.

Saat tuan rumah bekerja keras untuk menyamakan kedudukan, justru Juve mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-69. Sepakan penjuru gagal disapu dengan efektif oleh kubu Fiorentina, dan bola disambar oleh Chiellini saat dirinya terjatuh, tangan Lafont sebenarnya masih mengenai bola namun gagal mencegah bola melambung masuk ke gawangnya. Ronaldo berusaha menyundul bola untuk memberikan sentuhan akhir, namun ia gagal, dan gol itu dinyatakan dicetak oleh kapten Juve Chiellini.

Gawang tuan rumah kembali kemasukan pada menit ke-79. Lengan Edimilson mengenai bola saat ia berusaha menutup bola umpan silang Mario Mandzukic, wasit kali ini memberikan hadiah penalti kepada Juventus, yang tidak disia-siakan oleh Ronaldo.

Gol tersebut sekaligus merupakan gol kesepuluh sang bintang Portugal di Liga Italia musim ini, start terbaik bagi pemain debutan Juve sejak John Charles pada 1957-1958.

Susunan pemain:

Fiorentina(4-3-3): Lafont, Milenkovic, Pezzella, Hugo, Biraghi, Edimilson, Benassi (Pjaca 65'), Veretout, Chiesa, Simeone, Gerson (Thereau 81'). Pelatih: Stefano Pioli

Juventus(4-3-3): Szczesny, De Sciglio, Bonucci, Chiellini, Cancelo, Cuadrado (Douglas Costa 83'), Bentancur, Matuidi, Dybala, Mandzukic (Kean 88'), Cristiano Ronaldo (Bernardeschi 80'). Pelatih: Massimiliano Allegri

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS