Siapa Tim Liga 1 yang akan Terdegradasi? Berikut Hitung-hitungannya

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Siapa Tim Liga 1 yang akan Terdegradasi? Berikut Hitung-hitungannya
Pesepak bola PSMS Medan Shohei Matsunaga (tengah) bersama rekan-rekannya meluapkan kegembiraan usai mencetak gol ke gawang Persela Lamongan pada laga kompetisi Liga 1 di Stadion Teladan, Medan, Sumatra Utara, Jumat (21/9). PSMS mengalahkan Persela dengan skor 3-2. ANTARA FOTO/Septianda Perdana

Ada lima klub yang sedang dalam ancaman degradasi ke Liga 2 musim depan

Suara.com - Kompetisi Liga 1 2018 sudah memasuki pekan pamungkas. Dua tim yaitu Persija Jakarta dan PSM Makassar bakal bersaing untuk menjadi juara Liga 1 pada musim ini. Namun tidak hanya perebutan juara, papan bawah tidak kalah panasnya.

Saat ini, lima tim yaitu Mitra Kukar, Perseru Serui, Sriwijaya FC, PS Tira, dan PSMS Medan bakal berlomba-lomba agar tidak terdegradasi ke Liga 2 di musim depan.

Empat tim yaitu Mitra Kukar, Perseru, Sriwijaya FC, dan PS Tira hingga saat ini telah mengumpulkan 39 poin. Sementara PSMS Medan yang di posisi juru kunci baru mengumpulkan 37 poin.

Tentu, pekan terakhir Liga 1 yang dimainkan pada Minggu (9/12/2018) bakal dimaksimalkan oleh tim-tim tersebut. Mitra kukar vs Persija Jakarta, PSMS Medan vs PSM Makassar, Perseru vs Persipura Jayapura, Sriwijaya vs Arema FC, dan PS Tira vs Borneo FC.

Berdasarkan regulasi yang ada, penentuan peringkat di klasemen ditentukan oleh jumlah poin. Kemudian jika terjadi kesamaan poin akan ditentukan oleh head to head klub terkait. Jika masih terjadi kesamaan juga, maka penghitungan akan dilakukan dengan selisih gol.

Berikut hitung-hitungan tim yang akan terdegradasi ke Liga 2 2019:

Mitra Kukar
-Mitra Kukar akan degradasi jika kalah atau imbang dari Persija Jakarta. Hasil itu diikuti oleh kemenangan dua tim lain yakni Perseru, PS Tira, dan Sriwijaya.

Perseru Serui
-Perseru akan terdegradasi jika kalah dari Persipura Jayapura, lalu PSMS memenangi pertandingan dan Mitra Kukar, Sriwijaya, serta PS Tira imbang atau menang.
-Imbang melawan Persipura Jayapura jika PSMS dan tiga tim diantara Mitra Kukar, Sriwijaya, PS Tira mengalahkan lawannya.

Sriwijaya FC
-Sriwijaya FC akan terdegradasi jika kalah atau imbang lawan Arema, PSMS atau PS Tira menang, dua tim lain yaitu Mitra Kukar ataupun Perseru minimal bermain imbang.

PS Tira
-PS Tira akan terdegradasi jika kalah dari Borneo FC
-Bisa mengalahkan Borneo FC, tapi empat tim yang bersaing juga memenangi pertandingan.
-Imbang lawan Borneo, tapi dua diantara Mitra Kukar, Perseru,dan Sriwijaya minimal main imbang.

PSMS Medan
-PSMS terdegradasi jika kalah atau imbang melawan PSM Makassar
-Bisa mengalahkan PSM, namun dua diantara Mitra Kukar, Perseru, Sriwijaya, dan PS Tira menang

Baca Juga

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS