Dipecat Lagi, Ternyata Desember Ini Bulan 'Keramat' bagi Jose Mourinho

Arsito Hidayatullah | Galih Priatmojo
Dipecat Lagi, Ternyata Desember Ini Bulan 'Keramat' bagi Jose Mourinho
Jose Mourinho saat masih di bangku manajer Manchester United. [AFP]

Kenapa Desember harus jadi bulan keramat bagi Jose Mourinho? Apa hal buruk yang melatarbelakanginya?

Suara.com - Kekalahan 1-3 dari Liverpool ternyata menjadi titik penentu kelanjutan karier Jose Mourinho di kursi manajer Manchester United. Akibat hasil buruk itu, kesabaran para petinggi Manchester United terhadap Mourinho tampaknya sudah habis. Hingga akhirnya, bulan Desember pun kembali harus jadi saksi akhir petualangan The Special One bersama tim yang diasuhnya.

Lantas, kenapa Desember dikatakan jadi bulan keramat bagi Mou? Ya, karena memang bukan baru kali ini sang pelatih harus mengakhiri karier dari klub yang ia pimpin. Masih di Liga Premier Inggris, pada tahun 2015 pun Mourinho pernah mengalami kejadian serupa di akhir tahun alias pada bulan yang sama.

Pemecatan Mou dari Manchester United sendiri secara resmi antara lain diumumkan lewat akun Twitter Setan Merah. Secara singkat, Manchester United mengungkapkan rasa terima kasihnya atas upaya yang selama ini sudah dilakukan pelatih asal Portugal itu bagi Paul Pogba dkk.

"Manchester United mengumumkan Jose Mourinho telah meninggalkan klub. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas pekerjaannya selama di Manchester United, dan berharap sukses (baginya) di masa depan," ungkap pihak klub lewat pernyataan resminya, Selasa (18/12/2018).

Salah satu yang menarik memang adalah momentum pemecatan Mourinho ini. Entah kebetulan atau tidak, kisah Mourinho yang dipecat Manchester United pun mengingatkan kembali pada cerita sedihnya di 2015 silam, ketika ia dipecat dari Chelsea, juga pada bulan Desember.

Kala itu, Mou yang untuk kedua kalinya menukangi Chelsea, tercatat menuai hasil buruk sepanjang musim. Tim asuhannya saat itu hanya meraih 15 angka dari 16 laga di Liga Primer Inggris. Padahal di musim sebelumnya, Mourinho sukses mempersembahkan trofi Liga Primer Inggris untuk The Blues.

Nyaris serupa dengan Manchester United, meskipun memecat, saat itu Chelsea juga tak lupa menyampaikan rasa terima kasihnya atas kinerja Mourinho selama ini.

"Klub sepakbola Chelsea dan Jose Mourinho hari ini (17 Desember 2015) berpisah dengan persetujuan bersama. Semua di Chelsea mengucapkan terima kasih atas sumbangannya yang besar, sejak dia kembali sebagai manajer pada musim panas 2013," bunyi pernyataan resmi pihak klub Chelsea saat itu.

Sumber: Bolatimes.com

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS