Solskjaer: De Gea Bisa Lebih Hebat dari Schmeichel dan Edwin van der Sar

Rully Fauzi
Solskjaer: De Gea Bisa Lebih Hebat dari Schmeichel dan Edwin van der Sar
Ekspresi kegembiraan kiper andalan Manchester United, David De Gea yang bermain luar biasa untuk membawa timnya mengalahkan tuan rumah Tottenham Hotspur di Wembley, Senin (14/1/2019) dini hari WIB, dalam laga pekan ke-22 Liga Inggris 2018/2019. [Adrian DENNIS / AFP]

De Gea diyakini bisa jadi kiper terhebat Manchester United sepanjang masa, mengungguli Peter Schmeichel dan Edwin van der Sar.

Suara.com - Manchester United terus melanjutkan tren positif mereka di bawah pelatih interim Ole Gunnar Solskjaer. Menjalani partai tricky kontra tuan rumah Tottenham Hotspur di Wembley pada laga pekan ke-22 Liga Inggris 2018/2019, Senin (14/1/2019) dini hari WIB, Setan Merah sukses mencuri kemenangan krusial 1-0.

Gol tunggal Man United ke gawang Tottenham asuhan Mauricio Pochettino --yang santer dikabarkan menjadi kandidat terkuat pelatih tetap Setan Merah musim depan-- dicetak Marcus Rashford di penghujung babak pertama, tepatnya pada menit 44.

Meski demikian, Man United dan juga Solskjaer patut menghanturkan beribu-ribu terima kasih pada sang kiper andalan, David De Gea, yang tampil sensasional untuk menjaga gawang klubnya tetap 'perawan' sampai laga rampung.

Kiper nomor satu Timnas Spanyol itu melakukan save demi save yang sensasional di babak kedua, yang membuat skor 1-0 untuk keunggulan Man United tetap bertahan sampai full time.

Tercatat De Gea melakukan 11 penyelamatan impresif sepanjang laga (semuanya di babak kedua), yang hebatnya rata-rata dibuat kiper berusia 28 tahun itu dengan kakinya, alih-alih tangan!

Kedua tim relatif berimbang di babak pertama, dengan Tottenham menguasai ball possession, sementara Man United mengandalkan counter-attack cepat nan berbahaya, yang berujung pada terjadinya fgol Rashford.

Namun, babak kedua praktis menjadi milik tim tuan rumah. Tottenham benar-benar mengurung pertahanan Man United, beruntung tim tamu punya kiper brilian macam De Gea.

Secara keseluruhan Tottenham me-register 21 percobaan tembakan, dengan 11 di antaranya digagalkan De Gea. Sementara Man United total melakukan 13 percobaan tembakan, dengan delapan mengarah ke gawang.

Menanggapi kemenangan sekaligus performa sensasional yang ditampilkan De Gea, Ole Gunnar Solskjaer pun angkat bicara. Pelatih asal Norwegia itu tak sungkan untuk melontarkan pujian setinggi langit pada sang kiper andalan.

Solskjaer bahkan menilai jika De Gea memiliki potensi untuk menjadi kiper terbaik yang pernah dimiliki Man United sepanjang masa, mengungguli dua penjaga gawang legendaris klub, Peter Schmeichel dan Edwin van der Sar.

"Para pemain belakang (Man United) menampilkan performa yang cukup baik, sementara David De Gea jelas tampil luar biasa di bawah mistar gawang. Memiliki kiper berkualitas untungnya diperbolehkan, ini merupakan privilege buat saya. Saya pikir dia adalah kiper terbaik di dunia saat ini," puji Solskjaer seperti dilansir BBC Sport.

"Saat masih aktif bermain, saya juga pernah berada dalam satu tim dengan beberapa kiper hebat. Sudah menjadi tradisi dan ciri khas Manchester United memiliki kiper bagus. De Gea kini tengah menantang Edwin van der Sar dan Peter Schmeichel untuk menjadi kiper terbaik sepanjang sejarah klub," tutur pelatih 45 tahun berpaspor Norwegia tersebut.

Kemenangan atas Tottenham sendiri membuat Man United asuhan Solskjaer sukses membukukan enam kemenangan dari enam pertandingan di seluruh kompetisi.

Man United pun terus mendekati posisi empat besar. Paul Pogba dan kolega memang masih ada di posisi keenam klasemen sementara Liga Inggris 2018/2019 dengan poin 41 dari 22 laga.

Namun, Man United kini hanya kalah selisih gol dari Arsenal yang ada di peringkat kelima. Sementara dengan Chelsea yang ada di peringkat keempat, Setan Merah berjarak enam poin saja.

Di sisi lain, Tottenham tertahan di urutan ketiga dengan kekalahan ini. Spurs mengoleksi 48 poin dari 22 pertandingan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS