Preview Liga Champions: City Waspadai Keganasan Schalke di Etihad Stadium

Syaiful Rachman
Preview Liga Champions: City Waspadai Keganasan Schalke di Etihad Stadium
Pemain Manchester City rayakan gol ke gawang Schalke di leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Veltins Arena [AFP]

Di leg pertama City nyaris tumbang di Veltins Arena.

Suara.com - Rabu (13/3/2019) dini hari WIB, duel hidup mati akan digelar di Etihad Stadium. Manchester City akan menjamu Schalke di leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

City akan menjamu wakil Bundesliga itu dengan bermodalkan agregat 3-2. Hasil kemenangan dramatis yang diraih di leg pertama.

Dalam pertandingan di Veltins Arena pada 21 Februari, Schalke yang tertinggal lebih dulu lewat gol Sergio Aguero berhasil membalikkan keadaan lewat dua eksekusi penalti Nabil Bentaleb di menit 38 dan 45.

Di babak kedua City terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Nicolas Otamendi menerima kartu kuning kedua. Meski demikian, City berhasil menceploskan dua gol di rentang menit 85 hingga akhir pertandingan.

Unggul agregat, City saat ini berpeluang lebih besar untuk melaju ke perempat final. Akan tetapi, City harus tetap waspada mengingat keganasan Schalke di leg pertama.

Manajer Manchester City Josep Guardiola berbicara dalam jumpa pers jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium [AFP]
Manajer Manchester City Josep Guardiola berbicara dalam jumpa pers jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium [AFP]

"Saya tidak merasa tertekan untuk memenangkannya. Tekanan adalah tanda untuk bekerja lebih baik. Untuk bisa bersaing di semifinal dan perempat final, serta membenahi kesalahan sebelumnya," kata manajer City Josep Guardiola seperti dimuat laman resmi UEFA.

"Liga Champions adalah kompetisi di mana tidak boleh ada kesalahan, karena anda akan langsung merasakan akibatnya jika melakukan kesalahan. Ini kompetisi istimewa," sambungnya.

"Schalke melepaskan dua tembakan ke gawang dan mencetak dua gol di leg pertama. Jadi, dalam 90 menit apapun bisa terjadi di kompetisi ini. Di leg pertama kami cukup beruntung."

Mendapat kartu merah di leg pertama, Nicolas Otamendi dipastikan absen dalam laga ini. Begitu pula dengan John Stones dan Kevin de Bruyne yang masih dibekap cedera.

Tanpa Otamendi dan tak bisa menurunkan Stones, Guardiola kemungkinan besar akan menempatkan Zinchenko di lini belakang. Zinchenko yang sejatinya berposisi sebagai gelandang bertahan, akan dimainkan sebagai wing back.

Tiga nama yang akan menemani Zinchenko di lini belakang adalah Kompany, Laporte dan Walker. Sedangkan di lini tengah, Ilkay Gundogan, David Silva dan bernardo Silva akan mendukung trio lini depan yang dimotori Sergio Aguero.

Sementara itu di kubu Schalke, tim besutan Domenico Tedesco pastinya akan bermain hati-hati. Karena jika sampai kebobolan di Etihad Stadium, Schalke harus bekerja ekstra keras untuk membalikkan keadaan.

Tertinggal agregat 3-2, Schalke paling tidak membutuhkan kemenangan dua gol tanpa balas untuk menyingkirkan City dari babak 16 besar Liga Champions.

Dengan demikian, strategi terbaik yang dimiliki oleh Tedesco adalah bertahan rapi dan disiplin sambil menunggu momen melancarkan serangan balik cepat ke pertahanan The Citizens.

Manajer Schalke Domenico Tedesco berbicara dalam jumpa pers jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium [AFP]
Manajer Schalke Domenico Tedesco berbicara dalam jumpa pers jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium [AFP]

"Kami adalah tim tamu, dan kami masih memiliki peluang meskipun tipis. Kami akan menampilkan performa terbaik kami, karena kami memang pantas tampil di babak 16 besar Liga Champions," kata pelatih Schalke Domenico Tedesco.

"Kami akan bermain hati-hati, khususnya dalam bertahan. Karena jika kami kebobolan satu gol, atau mungkin dua, semuanya akan menjadi semakin sulit bagi kami."

Perkiraan susunan pemain:

City (4-3-3): Ederson; Walker, Laporte, Kompany, Zinchenko; Bernardo Silva, Gundogan, David Silva; Sane, Aguero, Sterling. Pelatih: Josep Guardiola.

Schalke (3-4-3): Fahrmann; Nastasic, Stambouli, Bruma; Konoplyanka, Bentaleb, Rudy, Caligiuri; Skrzybski, Burgstaller, Embolo. Pelatih: Domenico Tedesco.

Empat Pertemuan Terakhir City - Schalke di Kompetisi Eropa

21-02-2019 Schalke 2-3 City (UCL)
27-11-2008 Schalke 0-2 City (UEFA Cup)
15-04-1970 City 5-1 Schalke (UEFA Cup Winners' Cup)
01-04-1970 Schalke 1-0 City (UEFA Cup Winners' Cup)

Lima Pertandingan Terakhir City

21-02-2019 Schalke 2-3 City (UCL)
24-02-2019 Chelsea 0-0 City (Piala Liga)
28-02-2019 City 1-0 West Ham (Liga Inggris)
02-03-2019 Bournemouth 0-1 City (Liga Inggris)
10-03-2019 City 3-1 Watford (Liga Inggris)

Lima Pertandingan Terakhir Schalke

16-02-2019 Schalke 0-0 Freiburg (Bundesliga)
21-02-2019 Schalke 2-3 City (UCL)
23-02-2019 Mainz 3-0 Schalke (Bundesliga)
02-03-2019 Schalke 0-4 Dusseldorf (Bundesliga)
09-03-2019 Bremen 4-2 Schalke (Bundesliga)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS