4 Tim Inggris Ada di Perempatfinal Liga Champions, Southgate Justru Gusar

Rully Fauzi
4 Tim Inggris Ada di Perempatfinal Liga Champions, Southgate Justru Gusar
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. [AFP]

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate justru mengungkapkan kekhawatirannya.

Suara.com - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate mengungkapkan kegusarannya usai empat wakil Inggris sukses menembus babak perempatfinal Liga Champions 2018/2019.

Juga dikatakan Southgate, persiapan Timnas Inggris jelang tampil di babak semifinal kompetisi Nations League melawan Belanda pada 6 Juni mendatang, bisa berantakan apabila dua tim Liga Inggris berhasil mencapai final Liga Champions nanti.

Sebagai informasi, final Liga Champions musim ini akan diadakan di Madrid pada 1 Juni 2019, dengan Inggris akan memainkan laga semifinal mereka kontra Belanda di Portugal lima hari kemudian.

Hal ini tentunya membuat Southgate hanya punya sedikit waktu untuk bekerja dengan para pemainnya jelang partai krusial melawan Belanda tersebut.

"Ini bisa berantakan!" buka pelatih berusia 48 tahun itu sebagaimana dimuat Sky Sports. 

"Katakanlah jika dua tim kami (Liga Inggris) berhasil mencapai final Liga Champions musim ini, maka kami tidak akan melihat mereka (para pemain Timnas Inggris yang memperkuat klub masing-masing), paling lama sampai Senin sebelum kami bermain (melawan Belanda) di hari Kamis," jelas Southgate.

"Dan dengan tensi emosi (di final Liga Champions), mampukah para pemain itu bermain secara realistis pada Kamis malam untuk kita (Timnas Inggris)?" keluh eks pelatih Middlesbrough tersebut.

Manchester City, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Manchester United melaju ke babak perempatfinal Liga Champions musim ini. Empat klub Liga Inggris ada di babak delapan besar, ini terjadi untuk pertama kalinya sejak 2009 silam.

Sebagai informasi, dalam skuat terbaru Timnas Inggris yang driilis Southgate untuk kualifikasi Piala Eropa 2020 yang akan dihelat bulan ini, ada total 13 pemain dari empat klub besar tersebut.

Ya, termasuk bomber maut Tottenham Harry Kane, kapten Liverpool Jordan Henderson, winger andalan Man City Raheem Sterling, serta bintang muda Man United Marcus Rashford.

"Mereka semua membutuhkan waktu untuk pemulihan secara psikologis. Kami harus menyerahkan pemain untuk final Liga Champions disaat kami membutuhkannya, kemungkinan itu sangat terbuka mengingat setengah kontestan perempatfinal merupakan klub Inggris, celoteh Southgate.

"Ini akan sedikit seperti Piala Dunia (2018) di mana para pemain akan menyelesaikannya di waktu yang berbeda," tukasnya.

Timnas Inggris sendiri kini tengah bersiap untuk menjamu Republik Ceko di Wembley pada 22 Maret, diikuti dengan laga tandang ke Montenegro tiga hari kemudian. Dua laga tersebut merupakan laga Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS