Pelatih Persib Dukung Penggunaan VAR di Liga 1

Reky Kalumata
Pelatih Persib Dukung Penggunaan VAR di Liga 1
Pelatih kepala Persib Bandung Miljan Radovic. [Suara.com/Aminuddin]

VAR dinilai menjadi solusi bagi perkembangan kompetisi sepak bola di Indonesia

Suara.com - Pelatih kepala Persib Bandung, Miljan Radovic mendukung rencana penggunaan Video Assistant Referre (VAR) di kompetisi Liga 1 2019. VAR dinilai menjadi solusi bagi perkembangan kompetisi sepak bola di Indonesia.

Pelatih berpaspor Montenegro itu mengatakan pemakaian VAR akan sangat membantu menghilangkan kecurangan atau kurang telitinya wasit saat memimpin sebuah laga. VAR dianggap menjadi solusi bagi perkembangan kompetisi sepak bola di Indonesia.

"Ya saya pikir untuk disini di Indonesia saya berharap bisa pakai VAR," ucap Radovic usai latihan rutin di lapangan Sarana Olahraga (Saraga) ITB, Jalan Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/3/2019).

Menurutnya, sangat banyak kesalahan yang dilakukan wasit Indonesia saat memimpin sebuah laga. Radovic mencontohkan saat Persib melawan Tira-Persikabo, seharusnya anak asuhnya mendapat penalti beberapa kali, tapi karena wasit kurang jeli alhasil pelanggaran yang seharusnya berujung penalti malah diabaikan wasit.

Pelatih kepala Persib, Miljan Radovic. [Suara.com/Aminuddin]
Pelatih kepala Persib, Miljan Radovic. [Suara.com/Aminuddin]

"Kamu lihat kemarin nonton berapa game selalu ofside, atau goal line atau kadang-kadanh pemain pukul tapi kalau VAR itu 100 persen akan berbeda. Kamu lihat di World Cup itu berbeda," jelasnya.

"Saya nonton disini gol dari offside, atau penalti tidak penalti. Kemarin kita main lawan Tira kita punya penalti 3 tapi tidak jadi," tambahnya.

Radovic menekankan manfaat dari diadakannya VAR. Intinya, kata dia, penggunaan VAR akan sangat bagus untuk kemajuan sepak bola di Tanah Air, khususnya bagi perkembangan kompetisi Liga 1.

"Saya pikir bagus itu VAR. Kualitas (pertandingan) jadi bagus, karena besok kalau ada VAR, saya pikir bisa clear semua. VAR bantu wasit, pemain, coach," tukasnya.

Sebelumnya sejumlah klub meminta Liga 1 2019 memakai teknologi VAR. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi juga meminta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) agar VAR digunakan dalam kompetisi liga.

Kontributor : Aminuddin

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS