Preview Liga Champions: Ditantang FC Porto, Konsistensi Liverpool Diuji

Syaiful Rachman
Preview Liga Champions: Ditantang FC Porto, Konsistensi Liverpool Diuji
Kolase foto pelatih Porto Sergio Conceicao dan manajer Liverpool Jurgen Klopp [AFP]

Dienam pertemuan terakhir, FC Porto belum sekalipun mengalahkan Liverpool.

Suara.com - Rabu (10/4/2019) dini hari WIB, laga krusial akan tersaji di Anfield. Liverpool akan menjamu FC Porto di leg pertama babak perempat final Liga Champions 2018/19.

Duel Liverpool versus Porto di kompetisi kasta tertinggi Benua Biru ini bukanlah yang pertama kalinya. Di kancah Eropa, tercatat, kedua tim sudah enam kali saling berhadapan.

Dari enam pertemuan tersebut, Liverpool mendominasi dengan tiga kemenangan dan tiga hasil imbang. Sementara Porto belum sekalipun berhasil menundukkan tim berjuluk The Reds.

Terakhir kali, keduanya berhadapan di babak 16 besar Liga Champions musim lalu. Dalam pertemuan itu, Porto tak mampu berbuat banyak. Tim berjuluk The Dragons dipecundangi Liverpool dengan agregat telak 5-0.

Di kancah domestik, Liverpool yang tidak terkalahkan di lima pertandingan terakhirnya, berhasil beranjak ke puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris. Dengan fakta tersebut di atas, wajar rasanya jika Liverpool diunggulkan dalam laga ini.

Bintang Liverpool, Mohamed Salah (kedua kanan), saat merayakan gol bersama rekan setimnya dalam laga Liga Champions melawan Napoli di Stadion Anfield, Desember 2018 lalu. [Paul ELLIS / AFP]
Bintang Liverpool, Mohamed Salah (kedua kanan), saat merayakan gol bersama rekan setimnya dalam laga Liga Champions melawan Napoli di Stadion Anfield, Desember 2018 lalu. [Paul ELLIS / AFP]

Meski unggul di atas kertas, manajer Liverpool Jurgen Klopp tak ingin memandang sebelah mata bakal lawannya tersebut. Menurut manajer asal Jerman itu, Porto adalah tim kuat yang berpotensi menjegal tim-tim raksasa yang tersisa di Liga Champions musim ini.

Bahkan Klopp pernah berujar jika dirinya berharap tidak berhadapan dengan FC Porto di fase gugur kedua Liga Champions musim ini.

"Porto tidak ada dalam daftar harapan saya," ujar Klopp usai pengundian perempat final Liga Champions beberapa waktu lalu.

Menghadapi Porto kali ini, Andrew Robertson sudah dipastikan menepi akibat hukuman akumulasi kartu. Begitu pula dengan Alex Oxlade-Chamberlain dan Joe Gomez yang dibekap cedera.

Pemain Liverpool Sadio Mane mengikuti sesi latihan bersama klubnya [AFP]
Pemain Liverpool Sadio Mane mengikuti sesi latihan bersama klubnya [AFP]

Tanpa tiga pemain di atas, tidak akan menjadi masalah bagi Klopp. Hal itu ditunjukkan di sejumlah pertandingan terakhir, termasuk ketika membantai Southampton dengan tiga gol berbalas satu di ajang Liga Premier Inggris.

Mengandalkan formasi 4-3-3, James Milner akan menggantikan posisi Robertson di sisi kiri pertahanan The Reds. Milner akan melengkapi barisan pertahanan Liverpool bersama Virgil van Dijk, Joel Matip dan Trent Alexander Arnold.

Di lini tengah, trio Henderson, keita dan Wijnaldum akan mendukung trisula lini depan The Reds yang sejak musim lalu menjadi momok menakutkan bagi pertahanan lawan; Salah, Mane dan Firmino.

Sementara di kubu Porto, pelatih Sergio Conceicao pastinya menyadari kesulitan yang akan dihadapi timnya di leg pertama. Selain keperkasaan Liverpool atas timnya, bermain di Anfield sudah pasti menjadi ujian mental bagi para penggawa The Dragons.

Dua pemain FC Porto, Ivan Marcano (kiri) dan Ruber Neves bertepuk tangan setelah timnya mengalahkan Leicester City dalam laga penyisihan Liga Champions di Grup G, Kamis (8/12) [AFP/Miguel Riopa].
Dua pemain FC Porto, Ivan Marcano (kiri) dan Ruber Neves bertepuk tangan setelah timnya mengalahkan Leicester City dalam laga penyisihan Liga Champions di Grup G, Kamis (8/12) [AFP/Miguel Riopa].

Namun demikian, Conceicao tidak akan menyerah begitu saja. Bermodalkan kemenangan di lima pertandingan terakhirnya di kancah domestik, juru taktik 44 tahun asal Portugal itu tetap optimistis menatap duel di Anfield tengah pekan ini.

Menghadapi Liverpool di Anfield, Porto dipastikan tidak akan turun dengan tiga pemain kuncinya. Pepe dan Hector Herrera dipastikan menepi akibat akumulasi kartu. Begitu juga dengan Vincent Aboubakar yang dibekap cedera.

Dengan formasi 4-2-2, Conceicao berharap bisa mengulang hasil pertemuan terakhirnya dengan Liverpool. Di mana di leg kedua babak 16 besar musim lalu, meski sudah kalah 5-0 di leg pertama, Porto berhasil menahan imbang The Reds tanpa gol di Anfield.

Perkiraan susunan pemain Liverpool vs FC Porto, Rabu (10/4/2019) dini hari WIB.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Milner; Henderson, Keita, Wijnaldum; Salah, Mane, Firmino.
Pelatih: Jurgen Klopp.

FC Porto (4-4-2): Casillas; Militao, Felipe, Leite, Telles; Corona, Danilo, Otavio, Brahimi; Marega, Soares.
Pelatih: Sergio Conceicao.

Statistik

Head-to-Head kedua tim di kompetisi Eropa

07-03-2018 Liverpool 0-0 Porto (UCL)
15-02-2018 Porto 0-5 Liverpool (UCL)
29-11-2007 Liverpool 4-1 Porto (UCL)
19-09-2007 Porto 1-1 Liverpool (UCL)
15-03-2001 Liverpool 2-0 Porto (UEFA Cup)
08-03-2001 Porto 0-0 Liverpool (UEFA Cup)

Lima pertandingan terakhir Liverpool

10-03-2019 Liverpool 4-2 Burnley (Liga Inggris)
14-03-2019 Bayern 1-3 Liverpool (UCL)
17-03-2019 Fulham 1-2 Liverpool (Liga Inggris)
31-03-2019 Liverpool 2-1 Tottenham (Liga Inggris)
06-04-2019 Southampton 1-3 Liverpool (Liga Inggris)

Lima pertandingan terakhir FC Porto

11-03-2019 Feirense 1-2 Porto (Liga)
17-03-2019 Porto 3-0 Maritimo (Liga)
30-03-2019 Braga 2-3 Porto (Liga)
03-04-2019 Porto 1-1 Porto (Piala Portugal)
06-04-2019 Porto 2-0 Boavista (Liga)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS