Jelang Duel Timnas Indonesia vs Malaysia, PSSI Turuti Permintaan dari FAM

Galih Priatmojo | Irwan Febri Rialdi
Jelang Duel Timnas Indonesia vs Malaysia, PSSI Turuti Permintaan dari FAM
Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria (kanan) usai diperiksa Satgas Anti Mafia Bola di Gedung Ombudsman, Kuningan, Jakarta, Jumat (28/12/2018), terkait kasus pengaturan skor (match fixing) di persepakbolaan Indonesia. [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

FAM meminta keselamatan para pemain Timnas Malaysia selama di Indonesia bisa terjamin.

Suara.com - Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, memastikan akan memenuhi beberapa permintaan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) terkait pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia versus Malaysia pada 5 September 2019.

Belum lama ini, FAM melalui Datuk Hamidin Mohd Amin selaku presiden mengaku khawatir dengan keselamatan para pemain Timnas Malaysia saat melakoni laga away melawan Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Pasalnya, duel Indonesia melawan Malaysia terkenal panas, baik itu kelompok usia maupun tim nasional senior. Oleh sebab itu, Datuk Hamidin Mohd Amin meminta pengamanan khusus saat berada di Indonesia.

"Berdasarkan pengalaman SEA Games 2011, Piala AFF di Jakarta pada 2010 dan Piala AFF di bawah 19 tahun yang lalu, pertemuan melawan Indonesia di tempat mereka tentu tidak terhindar dari pendukung tuan rumah," kata Datuk Hamidin, dikutip dari Utusan Malaysia, beberapa waktu lalu.

"FAM menginginkan AFC dan PSSI untuk memastikan keamanan pendukung kami dan tim kami berada di level tertinggi. Tidak ada kompromi. Saya telah menghubungi Sekretaris Jenderal PSSI dan AFC sehingga tim nasional kami diberi keamanan dengan baik," tegasnya menutup.

Terkait kekhawatiran tersebut, Ratu Tisha telah menggelar pertemuan bersama wakil-wakil dari FAM, mulai dari Abang Zulkarnain (Sekjen FAM), M. Ashtar bin Rahim (Head Of Security FAM), dan Azfendy bin Azzuddin (Head of National Team) di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Ia menegaskan akan memenuhi beberapa permintaan dari FAM dengan mengacu regulasi yang telah ditetapkan oleh AFC ataupun FIFA.

"Kami akan berupaya maksimal agar pertandingan kedua tim berjalan dengan baik, lancar, aman dan tertib. Kami akan mengakomodasi beberapa permintaan FAM terkait pelaksaan pertandingan, sesuai dengan regulasi," kata Ratu Tisha di laman resmi PSSI.

"FAM juga meminta jaminan keamanan tim Malaysia dari saat kedatangan, latihan, menginap dan saat bertanding. Tentu PSSI akan memberikan kenyamanan dan keamanan kepada tim Malaysia," tuturnya menambahkan.

Malaysia akan menjadi lawan perdana Timnas Indonesia di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Selanjutnya, pada 10 September 2019, skuat Garuda asuhan Simon McMenemy akan melawan Timnas Thailand.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS