Duel Dortmund vs Barcelona Berakhir Antiklimaks di Signal Iduna Park

Rully Fauzi
Duel Dortmund vs Barcelona Berakhir Antiklimaks di Signal Iduna Park
Penyerang Borussia Dortmund, Marco Reus (kiri) berduel dengan megabintang Barcelona, Lionel Messi pada laga matchday 1 Grup F Liga Champions 2019/2020 di Signal Iduna Park, Rabu (18/9/2019) dini hari WIB. [SASCHA SCHUERMANN / AFP]

Borussia Dortmund menjamu Barcelona pada laga matchday 1 Grup F Liga Champions 2019/2020.

Suara.com - Laga big match yang mempertemukan tuan rumah Borussia Dortmund kontra Barcelona pada matchday 1 Grup F Liga Champions 2019/2020 berakhir antiklimaks.

Minim peluang, di mana bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah, laga yang dihelat di Signal Iduna Park, Rabu (18/9/2019) dini hari WIB ini berakhir imbang dengan skor kacamata 0-0.

Barcelona sendiri patut berterima kasih pada sang kiper andalan, Marc-Andre ter Stegen yang berhasil menggagalkan penalti kapten Borussia Dortmund, Marco Reus pada menit ke-57.

Highlight lainnya, megabintang sekaligus kapten Barcelona, Lionel Messi akhirnya mencatatkan penampilan perdananya di musim 2019/2020 ini pasca comeback dari cedera betis.

Turun sebagai pemain pengganti, La Pulga --julukan Messi-- masuk lapangan pada menit ke-59 untuk menggantikan wonderkid Barca, Ansu Fati.

Secara keseluruhan, Barcelona mendominasi ball possession hingga mencapai 59 persen.

Meski demikian Dortmund unggul dari aspek shots on target, yakni empat, sementara Barcelona hanya bisa me-register satu tembakan ke arah gawang lawan di sepanjang laga.

Jalannya Pertandingan

Kans bagus pertama Barca untuk bikin gol terjadi pada menit ke-12.

Bek Gerard Pique menyambut bola sepak pojok dengan tandukan. Sayang, bola yang bergulir di mulut gawang Dortmund tak bisa dimanfaatkan para pemain Barca untuk menjadi gol.

Dortmund lantas gantian mengancam pada menit ke-24. Jadon Sancho mengirim umpan ke arah Marco Reus yang berada di kotak 16 Barca.

Reus melepaskan tembakan, namun Marc-Andre ter Stegen masih bisa melakukan penyelamatan dengan kakinya. Good save.

Hampir 30 menit laga berlangung, Barca belum mampu melancarkan tembakan ke arah gawang Dortmund. Ini menjadi concern tersendiri buat Barca meski mereka bermain tandang kali ini.

Pada menit ke-35, terjadi sebuah kemelut di kotak penalti Dortmund. Bola yang ditinju kiper Dortmund, Roman Burki jatuh di kaki Ansu Fati.

Fati, winger Barca yang baru berusia 16 tahun, pun langsung melepas tembakan. Namun, Reus masih bisa menghalau bola dengan punggungnya.

Kedua tim saling jual-beli serangan di sisa waktu babak pertama, namun skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, tepatnya pada menit ke-47, Luis Suarez melakukan sebuah drive ke kotak penalti Dortmund.

Tembakan dari jarak dekat pun dilepaskan, namun bola masih bisa diselamatkan Burki. Upaya Barca masih gagal.

Dortmund kemudian di atas angin setelah mendapat hadiah penalti dari wasit pada menit ke-56. Ini setelah Sancho dilanggar oleh Nelson Semedo di kotak terlarang.

Maju sebagai algojo penalti, Reus mengirim bola ke sisi kiri bawah gawang Barcelona. Namun, Ter Stegen secara gemilang berhasil menepisnya.

Bola rebound kemudian berusaha disambar Reus, namun Ter Stegen dengan sigap mampu mengamankan situasi ini. Gawang Barca masih aman!

Pergantian ganda pun dilakukan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde pada menit ke-59. Lionel Messi dan Ivan Rakitic masing-masing masuk untuk menggantikan Fati dan Sergio Busquets.

Laga memasuki menit ke-75, Julian Brandt mengancam gawang Barca. Sebuah sepakan kerasnya dari luar kotak penalti membentur mistar gawang! Upaya Dortmund kembali gagal.

Intensitas laga sendiri mulai semakin cepat, dengan tim tuan rumah kini makin berani untuk melakukan tekanan demi tekanan.

Semenit berselang pasca peluang Brandt, kali ini Reus dapat momentum mencetak gol. Crossing mendatar dari sisi kanan berhasil disambar Reus, namun Ter Stegen kembali masih bisa menepis bola.

Reus kembali sial, sementara Ter Stegen kembali melanjutkan kecemerlangannya di partai ini!

Barcelona sendiri praktis tak bisa berbuat banyak di sisa waktu babak kedua. Meski sudah ada Messi, tim tamu praktis hanya bisa menggulirkan bola di lapangan tengah, tanpa adanya gebrakan berarti di final third.

Skor kacamata 0-0 pun bertahan hingga pertandingan rampung.

Susunan Pemain

Borussia Dortmund XI: Burki, Hakimi, Akanji, Hummels, Guerreiro, Delaney, Witsel, Hazard, Sancho, Reus, Alcacer.

Barcelona XI: Ter Stegen, Semedo, Pique, Lenglet, Alba, Busquets, Arthur, De Jong, Griezmann, Luis Suarez, Fati/Messi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS