Ronaldo Cetak Gol ke-700, Berikut Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Eropa

Rully Fauzi
Ronaldo Cetak Gol ke-700, Berikut Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Eropa
Penyerang sekaligus kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo (tengah) memegang bola dalam laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Ukraina di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Ukraina, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB. [Genya SAVILOV / AFP]

Ronaldo mencetak gol ke-700 dalam karier sepakbolanya, namun Portugal tetap kalah 1-2 dari tuan rumah Ukraina dini hari tadi.

Suara.com - Megabintang Cristiano Ronaldo sukses mencetak gol ke-700 dalam karier sepakbolanya. Sayang, Timnas Portugal tetap tak bisa terhindar dari kekalahan.

Portugal takluk 1-2 saat melawat ke markas Ukraina, NSC Olimpiyskiy Stadium di Kiev, dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup B Selasa (15/10/2019) dini hari WIB

Ronaldo satu gol pada laga ini, yakni dari titik putih pada menit ke-72 setelah penggawa Ukraina, Taras Stepanenko dianggap menyentuh bola dengan tangannya di kotak terlarang.

Ronaldo sendiri merupakan pesepakbola keenam sepanjang sejarah yang mencapai raihan 700 gol dalam kariernya. 700 gol tersebut tentunya dihitung dari level klub dan juga pentas internasional.

Sebelumnya, lima pemain yang sukses mengukir rekor fenomenal tersebut adalah Josef Bican yang pernah membela Timnas Austria dan Cekoslowakia (kini terpecah menjadi Republik Ceko dan Slovakia), Romario dan Pele (Brasil), Ferenc Puskas (Hungaria dan Spanyol), serta Gerd Mueller (Jerman Barat).

Cristiano Ronaldo juga kini unggul 27 gol dibandingkan rival abadinya, Lionel Messi, yang kerap disebut-sebut sebagai dua pesepakbola terbaik generasi saat ini.

Ya, Messi saat ini 'baru' mengemas 673 gol sepanjang kariernya, baik di level klub maupun bersama Timnas Argentina.

Kembali ke Ronaldo, sayang seribu sayang, satu golnya pada laga dini hari tadi tak cukup untuk menghindarkan Portugal dari kekalahan.

Meski Ukraina harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-72, yakni setelah Taras Stepanenko mendapat kartu merah direct atas handsball-nya itu, Portugal praktis tetap tak bisa berbuat banyak.

Gol penalti Ronaldo, sesaat setelah pengusiran Stepanenko, hanya memunculkan harapan sesaat bagi tim tamu. Portugal akhirnya harus menyerah dengan skor 1-2 di Kiev.

Kemenangan atas Portugal sendiri memastikan Ukraina jadi tim pertama dari Grup B yang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Ukraina yang kini dilatih sang legenda Andriy Shevchenko, saat ini bercokol di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 19 poin, dan tak mungkin lagi terkejar oleh Serbia (10 poin) yang menduduki peringkat ketiga dengan dua matchday tersisa di babak kualifikasi ini.

Sementara itu, Seleccao das Quinas --julukan Timnas Portugal-- (11 poin) kini wajib meraih hasil positif di dua laga tersisa jika ingin melaju ke putaran final.

Hasil Kualifikasi Piala Eropa 2020, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB:

Moldova 0-4 Albania

Islandia 2-0 Andorra

Kosovo 2-0 Montenegro

Bulgaria 0-6 Inggris

Lithuania 1-2 Serbia

Ukraina 2-1 Portugal

Prancis 1-1 Turki

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS