Timnas Inggris Diserang Ujaran Rasis, Ini Balasan Pedas Raheem Sterling

Galih Priatmojo
Timnas Inggris Diserang Ujaran Rasis, Ini Balasan Pedas Raheem Sterling
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate melakukan protes terhadap oficial setelah timnya mendapat ujaran rasis di laga kontra Bulgaria, Selasa (15/10/2019). [NIKOLAY DOYCHINOV / AFP]

Inggris sempat dua kali melakukan protes atas aksi tersebut.

Suara.com - Aksi rasis sempat mengganggu laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa Grup A antara Bulgaria kontra Inggris. Pada laga yang berlangsung di Vasil Levski National Stadium, Sofia, Selasa (15/10/2019) tersebut pun sempat dihentikan hingga dua kali.

Timnas Inggris berhasil mempermalukan Bulgaria dengan skor telak 6-0. Namun kemenangan skuat The Three Lions tersebut sempat diwarnai aksi kurang terpuji suporter tuan rumah.

Di menit ke-27, Harry Kane yang merupakan kapten Timnas Inggris sempat protes terhadap wasit Ivan Bebek atas cemoohan rasial yang ditujukan pada bek debutan Tyrone Mings itu.

Aksi rasis yang dilakukan suporter Bulgaria saat menghadapi Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2020, Selasa (15/10/2019) dini hari tadi. [NIKOLAY DOYCHINOV / AFP]
Aksi rasis yang dilakukan suporter Bulgaria saat menghadapi Inggris di Kualifikasi Piala Eropa 2020, Selasa (15/10/2019) dini hari tadi. [NIKOLAY DOYCHINOV / AFP]

Wasit pun bereaksi dengan menghentikan laga dan memeringatkan para suporter atas aksi tak terpuji tersebut.

Namun, oknum suporter yang bebal kembali melancarkan aksi rasialnya dari pinggir lapangan.

Kali ini giliran pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate yang mengajukan protes pada official.

Tak hanya wasit, kapten Timnas Bulgaria, Ivelin Popov bahkan sampai turun tangan saat laga dihentikan pada menit ke-42. Ia pun meminta agar cemoohan tersebut tak dilakukan lagi.

Insiden memalukan itupun membuat penyerang Timnas Inggris, Raheem Sterling bereaksi. Lewat akun Twitternya, penggawa Manchester City itu menyebut bahwa tindakan rasis yang dilakukan oknum suporter tuan rumah merupakan tindakan bodoh.

"Sangat disesalkan bahwa Bulgaria didukung sejumlah orang-orang idiot di stadion mereka. Tapi bagaimanapun itu, 6-0 dan kami sudah menyelesaikan tugas dengan baik hari ini. Hati-hati di jalan untuk para fans kami," kicaunya.

Sterling sendiri bukan kali ini saja keras terhadap aksi rasial yang menimpa para pemain sepak bola.

Di musim lalu, ia yang juga pernah jadi korban aksi tak terpuji itu bahkan sempat menuding bahwa sejumlah media di Inggris menjadi pemicu munculnya pandangan rasial tersebut.

Sementara, terlepas dari insiden buruk itu, Timnas Inggris saat ini berada di puncak klasemen Grup A dengan koleksi 15 poin. Sedangkan Bulgaria tak beranjak dari juru kunci dan dipastikan gagal tembus putaran final Piala Eropa 2020.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS