Diam-diam, PSSI Pernah Dekati Pelatih Timnas Vietnam

Irwan Febri Rialdi
Diam-diam, PSSI Pernah Dekati Pelatih Timnas Vietnam
Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo (kanan) melakukan protes ketika dirinya mendapat kartu merah saat laga final cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019 kontra Timnas Indonesia U-22 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

PSSI dekati Park Hang-seo sekitar Maret 2019.

Suara.com - PSSI telah resmi menunjuk Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Pelatih yang menangani Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu dikontrak dengan durasi empat tahun.

Namun, siapa sangka, sebelumnya resmi menunjuk Shin Tae-yong, PSSI pernah melakukan pendekatan dengan pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo.

Dilansir dari media Korea Selatan, Chosun, PSSI mencoba merayu Park Hang-seo pada Maret 2019 silam. Pada saat itu, kontrak Park Hang-seo bersama Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memang tersisa beberapa bulan lagi.

Hanya saja, Park Hang-seo memilih tetap setia bersama Vietnam. Pada 7 November 2019, mantan asisten Guus Hiddink itu resmi memperpanjang kontrak bersama VFF dengan durasi tiga tahun.

Pelatih Timnas Vietnam U-23, Park Hang-seo. (Dok. Zing.vn).
Pelatih Timnas Vietnam U-23, Park Hang-seo. (Dok. Zing.vn).

Ketertarikan PSSI terhadap Park Hang-seo ketika itu bisa dimaklumi. Sebab, pelatih asal Korea Selatan itu mampu mempersembahkan berbagai prestasi untuk Vietnam. Salah satunya yang paling bergengsi adalah menjadi finalis Piala Asia U-23 2018.

Terlebih sebelum menekan kontrak baru, Park Hang-seo digaji sangat murah oleh VFF, yakni sekitar 20 ribu dolar AS (Rp282,6 juta) per bulan. Nominal itu sangat jauh ketika Indonesia menggaji pelatih Luis Milla yang sebesar Rp2 miliar per bulan.

Namun, PSSI kini telah memiliki pelatih yang hebat, yakni Shin Tae-yong yang pernah mendampingi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Pelatih 49 tahun itu menjadi harapan baru pecinta sepak bola Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS