Diwarnai 2 Kartu Merah, Napoli Singkirkan Lazio dari Coppa Italia

Bangun Santoso
Diwarnai 2 Kartu Merah, Napoli Singkirkan Lazio dari Coppa Italia
Pemain depan Napoli Lorenzo Insigne merayakan golnya ke gawang Fiorentina di San Paolo. CARLO HERMANN / AFP

Napoli menang tipis 1-0 melalui gol cepat yang dicetak Lorenzo Insigne di menit ke-2

Suara.com - Langkah Lazio di ajang Coppa Italia 2019/2020 harus terhenti di perempat final. Tim berjuluk Elang Ibu Kota itu kalah tipis 1-0 dari Napoli dalam laga yang dihelat di Stadio San Paolo, Rabu (22/1/2020) dini hari WIB.

Gol kemenangan Napoli dicetak lewat aksi Lorenzo Insigne di menit ke-2. Lazio sejatinya punya kesempatan emas untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1 usai Ciro Immobile berkesempatan mencetak gol lewat titik penalti di menit ke-8.

Sayang sepakan top skor sementara Serie A dengan 23 gol itu justru melayang di atas mistar karena ia terlebih dahulu terpeleset.

Laga tersebut juga diwarnai dua kartu merah yang diterima oleh masing-masing tim. Kartu merah pertama diterima bek Napoli Elseid Hysaj usai pelanggaran kedua terhadap Immobile di menit 19'.

Tak berselang lama giliran gelandang bertahan Lazio, Lucas Leiva yang diusir wasit akibat aksinya memprotes wasit usai melanggar salah satu pemain Napoli di menit ke-25.

Dengan kemenangan ini, Napoli berhak melaju ke semifinal Coppa Italia dan bertemu pemenang antara Inter Milan vs Fiorentina.

Jalannya pertandingan

Mengawali laga sebagai tuan rumah, Napoli langsung menggebrak. Laga baru berjalan dua menit, publik tuan rumah langsung bersorak gembira usai Lirenzo Insigne mencetak gol.

Berawal dari sebuah serangan dari sisi sayap Napoli, striker mungil Italia itu menyisir di sisi kanan pertahanan Lazio. Usai mengecoh satu pemain, Insigne langsung melepas tendangan keras mendatar dari sudut kanan pertahanan Napoli, bola meluncur deras tak terbendung adangan bek dan kiper David Ospina, 1-0 tuan rumah memimpin.

Kebobolan satu gol membuat anak-anak Lazio tersengat. Mereka langsung mengambil alih serangan, sejumlah percobaan dilakukan sehingga membuat lini pertahanan Napoli sedikit keteteran.

Buntutnya, di menit ke-8, sebuah kemelut di muka gawang Napoli berbuah hadiah penalti bagi Lazio. Upaya Felipe Caicedo yang menyundul bola di dalam kotak terlarang diadang Giovanni Di Lorenzo menggunakan kaki hingga dinyatakan sebagai pelanggaran oleh wasit.

Sayang, Ciro Immobile yang biasanya selalu sukses mencetak gol lewat penalti kali ini gagal. Bola hasil sepakannya melenceng jauh di atas tiang gawang. Dari tayangan ulang, Immobile terlihat terpeleset sebelum kakinya menyentuh bola.

Laga sedikit berjalan keras, aksi Immobile menyisir sisi pertahanan Napoli harus dijegal oleh bek Napoli, Elseid Hysaj di menit ke-19. Pelanggaran tersebut berbuah kartu merah.

Enam menit kemudian, giliran Lucas Leiva diusir wasit karena dianggap berlebihan memprotes wasit usai dirinya melanggar pemain Napoli, Piotr Zielinski.

Sama-sama bermain dengan 10 pemain membuat laga berjalan imbang. Meski demikian, hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk Napoli tak berubah.

Selepas jeda, Lazio langsung menyerang demi mengejar ketertinggalan. Sementara Napoli tampak memilih sedikit bertahan dengan sesekali mengandalkan kecepatan Insigne dan Jose Callejon melalui serangan balik cepat.

Meski banyak menguasai laga babak kedua, nyatanya sejumlah upaya Lazio mencetak gol selalu bisa dimentahkan barisan pertahanan Napoli.

Hingga memasuki menit 89, Lazio sejatinya bisa mencetak gol. Namun wasit Davide Massa mengecek video asisten wasit (VAR) guna memeriksa kemungkinan pelanggaran dan ternyata, gol tersebut dinyatakan offside.

Meski ada extra time lima menit, Lazio tetap saja gagal mencetak gol. Hingga laga selesai, Napoli unggul dengan skor 1-0.

Susunan pemain

Napoli (4-3-3): Ospina; Hysaj, Manolas, Di Lorenzo, Mario Rui; Lobotka (Luperto 22), Demme, Zielinski; Callejon, Milik, Insigne.

Lazio (3-5-2): Strakosha; Luiz Felipe, Acerbi, Radu; Lazzari, Milinkovic, Leiva, Parolo, Lulic; Immobile, Caicedo.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS