Ribut dengan Lionel Messi, Eric Abidal Akhirnya Angkat Bicara

Syaiful Rachman
Ribut dengan Lionel Messi, Eric Abidal Akhirnya Angkat Bicara
Mantan pemain timnas Prancis Eric Abidal menunjukan nama Arsenal saat undian semifinal Liga Europa di Nyon, Swiss. Fabrice COFFRINI / AFP

Tanggapan diberikan Abidal saat memperkenalkan pemain baru Barcelona.

Suara.com - Direktur olahraga Barcelona Eric Abidal akhirnya buka suara di hadapan publik terkait perselisihannya dengan kapten klub Lionel Messi.

Mantan bek asal Prancis tersebut menyatakan bahwa ia telah belajar bahwa masalah-masalah internal klub tidak boleh diutarakan ke publik dan harus ditangani oleh pihak klub.

Hal itu diungkap Abidal saat memperkenalkan pemain anyar Barcelona, Martin Braithwaite yang diboyong dari Leganes.

"Pelajaran yang saya dapat dari masalah ini adalah masalah internal harus ditangani secara internal dan bukan di bicarakan kepada media," kata Abidal seperti dilansir MARCA pada Jumat (21/2/2020).

Pemain Barcelona Lionel Messi meninggalkan arena pertandingan dengan menundukkan kepala. [AFP]
Pemain Barcelona Lionel Messi meninggalkan arena pertandingan dengan menundukkan kepala. [AFP]

Abidal juga memberikan komentar tentang perekrutan Braithwaite dan mengungkapkan alasan mengapa Barcelona mengambil langkah ini.

"Pertama, Anda harus membuat keputusan," katanya.

“Anda dapat berbicara tentang skuat kecil, tetapi ada pemain yang cedera. Bila (Ousmane) Dembele tidak cedera, kami tidak akan melakukan transfer ini. Kami tidak bisa mengendalikan (Carles) Alena karena ia ingin dipinjamkan, seperti pemain lain dan selalu berbicara dengan pelatih.“

"Saya tidak berbicara tentang jumlah pemain, yang terpenting adalah kualitasnya,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, perseteruan dipicu kritik keras Abidal kepada para pemain Barcelona.

Abidal, yang pernah menjadi mantan rekan setim Messi selama enam tahun, mengindikasikan bahwa para pemain di tim tak bahagia dan tidak bekerja cukup keras di bawah mantan pelatih Ernesto Valverde.

"Banyak pemain tidak senang dan tidak bekerja banyak serta ada juga masalah dengan komunikasi internal," kata Abidal kepada surat kabar Spanyol, Sport, pada awal Februari.

"Hubungan antara pelatih dan ruang ganti selalu bagus, tetapi ada hal-hal yang bisa saya rasakan sebagai mantan pemain. Saya memberi tahu klub apa yang saya pikirkan dan kami harus membuat keputusan."

Quique Setien diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Ernesto Valverde, Selasa (14/1/2020). [AFP]
Quique Setien diperkenalkan sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Ernesto Valverde, Selasa (14/1/2020). [AFP]

Selasa, 4 Februari 2020, lewat akun media sosialnya, Messi merespons komentar Abidal dan memintanya untuk menyebutkan nama pemain yang dianggap direktur asal Prancis itu tidak bekerja cukup keras.

"Jujur saya tidak suka melakukan hal semacam ini, tetapi saya rasa semua orang harus bertanggung jawab atas pekerjaan mereka dan bertanggung jawab atas keputusan mereka," kata Messi di akun Instagramnya.

"Para pemain (bertanggung jawab) atas apa yang terjadi di lapangan dan kami pihak pertama yang mengakui ketika kami tidak bagus."

"Kepala departemen olah raga juga memikul tanggung jawabnya dan di atas itu semua terhadap keputusan yang mereka buat."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS