Suksesor Shin Tae-yong, Bambang Pamungkas Pelatih Timnas Berikutnya?

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Suksesor Shin Tae-yong, Bambang Pamungkas Pelatih Timnas Berikutnya?
Legenda sepakbola Indonesia yang kini menjabat Manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas. (dok. Persija)

Bambang Pamungkas bicara soal kansnya jadi pelatih Timnas Indonesia.

Suara.com - Merupakan suatu hal yang lumrah ketika seorang legenda klub ataupun timnas kemudian menjadi pelatih klub ataupun timnas tersebut setelah gantung sepatu sebagai pemain.

Bagi legenda hidup Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, ia pun tak menutup kansnya untuk melatih skuat Garuda suatu saat nanti.

Dikatakan Bepe, lebih baik menjadi pelatih Timnas Indonesia ketimbang menjabat Ketua Umum PSSI.

Pasca pensiun sebagai pemain di penghujung musim 2019 lalu, Bepe sendiri kini sibuk menjalani perannya sebagai Manajer Persija Jakarta.

"Saya lebih memilih melatih timnas. Jadi gini, saya pernah diberi pertanyaan, bagaimana kalau Bambang jadi Ketua Umum PSSI? Saya jawab, saya bukan pribadi yang cocok di balik meja. Saya terbiasa di lapangan, misalnya pelatih timnas. Kenapa tidak?" kata Bepe di kanal YouTube milik Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah, Kamis (21/5/2020).

Manajer Persija Bambang Pamungkas melambaikan tangan usai menerima medali penghargaan Pemenang kedua Piala Gubernur Jawa Tiimur 2020 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa TImur, Kamis (20/2/2020). Persebaya menjadi juara setelah mengalahkan Persija dengan skor 4-1. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ama.
Manajer Persija Jakarta, Bambang Pamungkas. [ANTARA FOTO/Zabur Karuru]

Namun, Bepe mengaku untuk saat ini belum siap melangkah ke arah sana. Pasalnya, ia belum melakukan persiapan apapun termasuk mengambil lisensi kepelatihan.

"Tapi, saat ini saya belum mempersiapkan apa pun kebutuhan untuk menjadi pelatih timnas. Di saat teman-teman saya levelnya sudah A (AFC), Firman (Utina) sudah A, Ponaryo (Astaman) sudah A, Budi Sudarsono sudah A, dan sebagainya. Sementara saya C pun belum," ungkap Bepe.

"Untuk saat ini, saya belum terpikir untuk terjun ke dunia kepelatihan. Saya berpikir, untuk mengharumkan nama bangsa tidak harus terjun ke kepelatihan. Artinya kita berkontribusi di bidang lain pun juga bisa," papar pria parlente berusia 39 tahun itu.

"Tapi, saya tidak mengatakan bahwa saya tidak akan pernah menjadi pelatih ya. One day, we never know," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, Bepe adalah pengoleksi caps terbanyak di Timnas Indonesia (86 caps) dan merupakan top skor sepanjang masa nomor dua Tim Garuda (38 gol) di bawah Soetjipto Soentoro (57 gol).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS