Shin Tae-yong vs PSSI, Ketua APSSI Curiga Ada Pihak yang Mendalangi

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Shin Tae-yong vs PSSI, Ketua APSSI Curiga Ada Pihak yang Mendalangi
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) bersama Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A]

Hal ini diungkapkan Ketua APSSI yang juga eks pemain Timnas Indonesia, Yeyen Tumena.

Suara.com - Ketua Asosiasi Pelatih Sepakbola Seluruh Indonesia (APSSI), Yeyen Tumena melihat adanya hal yang aneh dalam polemik antara PSSI dan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Yeyen menganggap, bukan tidak mungkin ada sosok di balik layar yang mendalangi kekisruhan antara kedua belah pihak ini.

Seperti diketahui, belakangan hubungan antara PSSI dan Shin Tae-yong memang cukup memanas. Muncul perbedaan pendapat soal venue untuk menggelar training camp (TC) alias pemusatan latihan untuk Timnas Indonesia U-19.

Shin meminta agar TC dihelat di Korea Selatan lantaran ia yakin negara asalnya lebih aman ketimbang Indonesia dalam masa pandemi COVID-19 saat ini.

Sementara di sisi lain, PSSI bersikeras agar TC tetap digelar di Tanah Air karena pelatih berusia 51 tahun itu harus memimpin Timnas Senior Indonesia juga.

Tak hanya itu, Shin juga punya hubungan yang kurang harmonis dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Bahkan, keduanya sudah saling berbalas sindiran di media.

Well, Yeyen Tumena melihat permasalahan yang terjadi antara PSSI dan Shin ini cukup aneh. Mantan Direktur Teknik Bhayangkara FC itu merasa seperti ada yang memanfaatkan situasi untuk kepentingannya sendiri.

Pelatih sementara Bhayangkara FC Yeyen Tumena memberikan memberikan keterangan kepada media menjelang laga Liga 1 2019 menghadapi Perseru Badak Lampung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (15/8). (Tim media Bhayangkara FC)
Ketua APSSI, Yeyen Tumena saat masih menjadi Direktur Teknik Bhayangkara FC. (Tim media Bhayangkara FC)

"Saya kok melihat ada yang aneh ya. Jangan-jangan Shin Tae-yong mendapat masukan yang tidak benar dalam situasi ini, kasihan dia," tutur Yeyen.

"Mungkin saja ada permainan agen atau orang di balik layar. Tidak bisa dipungkiri, Shin Tae-yong tidak begitu paham berbahasa Indonesia dan sekarang jauh dari kita (Shin Tae-yong tengah berada di Korea Selatan)," sambung eks pemain Timnas Indonesia itu.

Yeyen, yang juga pernah menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia di era kepelatihan Simon McMenemy, menjelaskan bukan tidak mungkin Shin terpengaruh omongan orang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS