Regulasi Anyar, Klub Liga 1 Boleh Datangkan Pemain Asing Tanpa Kualifikasi

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Regulasi Anyar, Klub Liga 1 Boleh Datangkan Pemain Asing Tanpa Kualifikasi
Logo Liga 1 2020. (Suara.com/ Adie Prasetyo)

PSSI dan PT LIB telah membuka jendela transfer paruh kedua sejak 21 September

Suara.com - Regulasi Liga 1 2020 beberapa mengalami perubahan di tengah pandemi COVID-19 saat ini. Salah satunya adalah dihapusnya kualifikasi alias syarat bagi pemain asing untuk bisa bermain di kompetisi kasta teratas di Tanah Air ini.

Seperti diketahui, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi telah membuka jendela transfer paruh kedua sejak 21 September hingga 18 Oktober 2020.

Namun, ada larangan klub mendatangkan pemain baik itu asing atau lokal dari sesama peserta kompetisi Liga 1 dan 2 2020. Itu artinya, tim-tim hanya bisa mendatangkan pemain asing dari luar Indonesia.

Jika sebelumnya ada aturan mengenai pemain asing yang boleh main di Indonesia. Seperti pemain asing tersebut sekurang-kurangnya harus bermain sebanyak 25 persen selama satu musim di klub sebelumnya.

Baca Juga: Kondisi Tim Semakin Baik, Tony Sucipto: Persija Siap Arungi Lanjutan Liga 1

Meski sudah memenuhi aturan tersebut, tim juga tak bisa sembarangan merekrut pemain. Yang bersangkutan harus berkompetisi di liga sesuai dengan ketentuan PSSI.

Misalnya, klub Liga 1 hanya bisa mendatangkan pemain asing yang bermain di kasta pertama dan kedua kompetisi Jepang atau Korea Selatan. Sementara pemain-pemain dari liga Inggris, Spanyol, atau Italia, boleh berasal dari kompetisi kasta pertama hingga ketiga.

Hal-hal di atas diatur dalam Pasal 29 di dalam regulasi Liga 1 2020 sebelum dihentikan karena pandemi COVID-19. Untuk saat ini, PT LIB dan PSSI meniadakan persyaratan tersebut dalam regulasi teranyar.

"Pemain asing yang bermain pada lanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa 2020 tidak wajib memenuhi kriteria strata kompetisi dari klub asal," tulis Pasal 30 ayat pertama regulasi anyar Liga 1 2020.

"Pemain asing yang bermain pada lanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa 2020 tidak wajib membuktikan bahwa yang bersangkutan bermain sekurang-kurangnya 25 persen pertandingan dari total pertandingan resmi selama semusim kompetisi," bunyi ayat kedua pasal tersebut.

Baca Juga: Timnas U-16 Masih Bisa TC Secara Ideal, Bima Sakti: Terima Kasih PSSI

Itu berarti, klub Liga 1 boleh mendatangkan pemain asing dari mana saja. Meski begitu, tetap sesuai kuota di mana tiga pemain non Asia dan satu merupakan anggota AFC.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS