facebook

Perjuangan Kanu Hingga Dapat Kepercayaan Shin Tae-yong di Timnas U-19

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Perjuangan Kanu Hingga Dapat Kepercayaan Shin Tae-yong di Timnas U-19
Gelandang Timnas Indonesia U-19, Mohammad Kanu Helmiawan. (dok. PSSI).

Kanu mulai mendapat perhatian dari Shin Tae-yong di awal tahun 2020

Suara.com - Mohammad Kanu Helmiawan bercerita perjuangannya agar bisa mendapat kepercayaan dari Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. Ia mengaku akan terus kerja keras supaya bisa tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Kanu mulai mendapat perhatian Shin Tae-yong di awal tahun 2020. Juru racik asal Korea Selatan itu memanggil pemain klub asal Muba Babel United tersebut untuk mengikuti training camp (TC) yang ketika itu berlangsung di Cikarang.

Setelah itu, Kanu terus-terusan dibawa Shin Tae-yong ketika melakukan TC hingga saat ini yang berlangsung di Kroasia.

Gelandang Timnas Indonesia U-19, Mohammad Kanu Helmiawan. (dok. PSSI).
Gelandang Timnas Indonesia U-19, Mohammad Kanu Helmiawan. (dok. PSSI).

"Alhamdulillah pada awal 2020 saya mendapat panggilan pemusatan latihan di Cikarang. Setelah itu saya bersyukur selalu dipanggil pelatih Shin Tae-yong saat lanjutan TC Timnas U-19 di Thailand, Jakarta, dan saat ini di Kroasia," kata Kanu dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga: Kiper Timnas Indonesia U-19 Akui Elkan Baggott Bek Hebat, Tapi...

Pemain yang mengidolakan Evan Dimas dan Casemiro tersebut ternyata punya mimpi menembus skuat utama. Ia bertekad bisa tampil di Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021.

"Saya bertekad dan punya mimpi menembus tim utama Timnas U-19 nantinya. Saya ingin bermain di ajang Piala Asia U-19 dan tentu Piala Dunia U-20 tahun depan," tambah pemain yang mempunyai tinggi badan 176 cm.

Perlahan tapi pasti, Kanu beberapa kali kerab dimainkan oleh Shin Tae-yong saat pertandingan uji coba. Ia turun saat melawan Makedonia Utara, Minggu (11/10/2020) dan Rabu (14/10/2020).

Saat pertemuan pertama, Kanu bermain penuh selama 90 menit. Sementara di laga kedua, ia tampil 45 menit.

Akan tetapi, perjuangan Kanu bukan tanpa hambatan. Ia mendapat cedera angkle saat awal-awal TC di Kroasia. Sang pemain pun harus absen beberapa pekan demi penyembuhan cederanya.

Baca Juga: Alasan Shin Tae-yong Tunjuk Pratama Arhan sebagai Kapten Timnas Indonesia

"Saat itu saya hanya fokus bagaimana caranya cepat sembuh dan kembali bisa berlatih bersama tim lagi. Alhamdulillah saya sudah bisa berlatih normal dan bermain tiga kali laga uji coba melawan Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, dan Makedonia Utara," ungkapnya.

Komentar