alexametrics

Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas U-19, Ketum PSSI: Kemungkinan Itu Ada

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain Naturalisasi Perkuat Timnas U-19, Ketum PSSI: Kemungkinan Itu Ada
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bersama Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri saat memberikan keterangan pers usai menyambut kedatangan pemain Timnas Indonesia U-19 dari Kroasia (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Sejauh ini telah ada empat pemain keturunan yang ikut TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia

Suara.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku ada kemungkinan Timnas Indonesia U-19 diperkuat oleh pemain naturalisasi. Namun, itu bakal dilakukan jika keinginan Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 saat ini sedang dipersiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-19 pada Januari mendatang. Puncaknya, Garuda Nusantara --julukan Timnas U-19-- akan terjun di Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia adalah tuan rumah.

Selain diharapkan sukses sebagai tuan rumah, tentu tim nasional harus memberikan prestasi. Oleh sebab itu, pemain-pemain hebat harus mengisi Timnas U-19 agar bisa bersaing dengan lawan-lawan kuat.

Salah satunya adalah dengan naturalisasi pemain. Selain itu, pemain-pemain keturunan Indonesia di luar negeri terus dicari untuk memperkuat Pasukan Merah Putih.

Baca Juga: Satu Anak Asuh Shin Tae-Yong Resmi Berkostum Persib Bandung

"Kemungkinan (naturalisasi) itu ada. Saya tidak ikut campur itu. Soal pemain Itu diserahkan ke Shin Tae-yong dan dikawal direktur Teknik (Indra Sjafri)," kata Iriawan saat jumpa pers di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/10/2020).

"Naturalisasi bisa saja jika diminta pelatih. Sekali lagi, saya sampaikan, silakan pemain dicari Anda (pelatih). Saya tidak bisa intervensi pemain," ia menambahkan.

Sejauh ini telah ada empat pemain keturunan yang bahkan mengikuti training camp (TC) Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Mereka adalah Jack Brown, Elkan Baggott, Kelana Mahessa, dan Luah Mahessa.

Shin Tae-yong juga telah mengaku bakal menjajal kemampuan beberapa pemain keturunan lainnya. Namun, belum diketahui kapan terlaksana karena lokasi TC berikutnya belum ditentukan.

Baca Juga: Shin Tae-yong Cek Kondisi Bagus Kahfi Sebelum Dipanggil ke Timnas U-19

Komentar