alexametrics

David Maulana Sebut Pemain Keturunan Bagus Buat Timnas Indonesia U-19

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
David Maulana Sebut Pemain Keturunan Bagus Buat Timnas Indonesia U-19
Kapten Timnas Indonesia U-19, David Maulana, saat memberikan keterangan pers usai melakukan TC di Kroasia. (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Sejauh ini sudah ada beberapa nama pemain keturunan yang bergabung di Timnas U-19

Suara.com - Kapten Timnas Indonesia U-19, David Maulana, mendukung keberadaan pemain keturunan di timnya. Dengan adanya mereka, bisa menjadi motivasi pemain lokal untuk tampil lebih baik lagi.

Sejauh ini sudah ada beberapa nama pemain keturunan yang bergabung di Timnas Indonesia U-19 yakni Jack Brown, Elkan Baggott, Kelana Mahessa, dan Luah Mahessa.

Keempatnya pun mengikuti training camp (TC) Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-19-- di Kroasia yang sudah berakhir pada Sabtu (24/10/2020). Bahkan, semuanya sudah dijajal kemampuannya di laga uji coba.

Pemain Timnas Indonesia U-19, David Maulana, saat menjalani TC di Kroasia (dok. PSSI).
Pemain Timnas Indonesia U-19, David Maulana, saat menjalani TC di Kroasia (dok. PSSI).

"Ini bagus buat saya dan teman-teman. Tentu kami pasti tidak mau kalah. Ini bagus buat tim karena sama-sama ingin menunjukkan yang terbaik," kata David di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/10/2020) malam.

Baca Juga: Indra Sjafri Ungkap Cara PSSI Mencari Pemain Keturunan di Luar Negeri

Lebih lanjut, wonderkid Barito Putera ini mengaku persaingan memperebutkan tempat utama Timnas Indonesia U-19 dengan pemain keturunan berjalan sportif.

"Secara persaingan memang sportif. Ini sangat Bagus untuk perkembangan tim," ia menjelaskan.

Masih ada beberapa pemain keturunan lain yang bakal dijajal kemampuannya oleh Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Rencananya, mereka akan dites ketika TC selanjutnya.

Belum diketahui, di mana Pasukan Merah Putih akan melakukan TC selanjutnya. Ada beberapa opsi yang sudah dibocorkan oleh PSSI yakni Belanda, Jepang, hingga Korea Selatan.

"Pada TC selanjutnya mungkin kami mendatangkan pemain keturunan sambil melihat perkembangan situasi," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga: 9 Pemain Keturunan Gabung ke Timnas U-19

Sementara itu, TC di Kroasia sudah selesai sejak Sabtu (24/10/2020). Pasukan Merah Putih telah tiba di Tanah Air, Selasa (27/20/2020) malam. Setelah ini, para pemain diberi libur sejenak sebelum kembali dikumpulkan untuk TC lagi.

Komentar