RD Merasa Beruntung Mengenal Almarhum Ricky Yacobi

Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
RD Merasa Beruntung Mengenal Almarhum Ricky Yacobi
Rahmad Darmawan saat mengunjungi rumah duka almarhum Ricky Yacobi di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).

Bagi Rahmad Darmawan, Ricky Yacobi adalah seorang guru

Suara.com - Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, mengaku beruntung mengenal almarhum Ricky Yacobi. Menurut lelaki yang akrab disapa RD itu, Ricky Yacobi adalah sosok panutan.

Seperti diketahui, Ricky Yacobi meninggal dunia karena serangan jantung saat sedang bermain sepakbola di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Sabtu (21/11/2020). Ia tersungkur di lapangan sebelum dibawa ke rumah sakit setelah berhasil mencetak gol dan akan melakukan selebrasi.

Bagi RD, Ricky Yacobi adalah seorang guru. Almarhum sering memberi masukan kepadanya baik ketika masih menjadi pemain atau pelatih.

"Saya mengenal Bang Ricky itu surprise. Ketika di timnas saya masih usia 23, yang dipromosikan ke tim senior, saya kebetulan satu kamar dengan bang Ricky saat merdeka game Kuala Lumpur waktu itu," kata RD saat ditemui di rumah duka.

Baca Juga: Detik-detik Legenda Timnas Ricky Yacobi Meninggal Dunia Usai Cetak Gol

"Kemudian dalam masa saya bersama bang Ricky itu saya betul-betul banyak dinasehati, dimotivasi beliau. Bahkan ketika saya cedera untuk persiapan di pertandingan di Jerman itu saya masih ingat saya cedera terima umpan dari bang Ricky, kemudian ketika saya lari untuk menghampiri bola, bola tanggung saya cedera di sana, saya tabrakan dengan kiper dan itu mengharuskan saya istirahat satu tahun," lanjutnya.

Kedekatan RD dan Ricky tidak hanya di tim nasional. Keduanya pernah menjadi brand ambassador salah satu produk olahraga lokal.

Di situ, RD semakin kagum dengan sosok Ricky Yacobi. Di mana mantan pemain PSMS Medan itu sangat peduli dengan sepakbola khususnya usia muda.

"Memang selama ini beliau menjadi salah satu motivator saya karena orangnya humble, cepet akrab dengan siapa saja dan gaya khas Medan yang selalu bercanda dan lugas dalam meledek teman-temannya. Tapi bukan dalam hal untuk menyakiti hati, itulah sifat bang Ricky yang selalu senang bicara," pungkasnya.

Ricky Yacobi telah dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta, sore harinya. Keluarga serta kerabat terdekat turut mengantar legenda Timnas Indonesia itu menuju peristirahatan terakhir.

Baca Juga: Detik-detik Legenda Timnas Ricky Yacobi Tak Sadarkan Diri di Lapangan

Sekedar informasi, Ricky Yacobi merupakan penyerang top timnas Indonesia pada periode pertengahan 1980-an hingga awal 1990-an. Ia menunjukkan kehebatannya saat bermain di Asian Games 1986.

Komentar