alexametrics

Granit Xhaka Jadi Biang Kerok Kekalahan Arsenal, Arteta Buka Suara

Rully Fauzi
Granit Xhaka Jadi Biang Kerok Kekalahan Arsenal, Arteta Buka Suara
Gelandang Arsenal, Granit Xhaka (kanan) diganjar kartu merah oleh wasit pada laga Liga Inggris 2020/2021 kontra Burnley di Emirates Stadium, London, Senin (14/12/2020). [LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP]

Arsenal telah empat kali kalah beruntun di kandang dan kini masih terdampar di peringkat ke-15 klasemen Liga Inggris.

Suara.com - Tak bisa dibantah jika Arsenal memang sedang dalam situasi krisis saat ini di Liga Inggris. Teranyar, The Gunners dipermalukan tim papan bawah Burnley 0-1 dalam laga pekan ke-12 di Emirates Stadium, London, Senin (14/12/2020) dini hari WIB.

Arsenal kini telah menelan empat kekalahan beruntun di kandang dan kini masih terdampar di peringkat ke-15 klasemen sementara Liga Inggris 2020/2021, hanya berjarak lima poin dari zona merah.

Melawan Burnley, Arsenal memang benar-benar harus menelan pil pahit. Tampil impresif di awal babak kedua pasca babak pertama yang medioker, Arsenal harus bermain dengan 10 pemain setelah Granit Xhaka melakukan tindakan bodoh dan diganjar kartu merah pada menit ke-56.

17 menit berselang, striker andalan Arsenal yang belakangan seret gol, Pierre-Emerick Aubameyang sukses mengakhiri puasa golnya. Sayang seribu sayang, gol ini adalah gol ke gawang sendiri alias gol bunuh diri.

Baca Juga: City Gagal Bikin Gol di Derby Manchester, Guardiola: Kami Merindukan Aguero

Ya, Arsenal sejatinya bangkit dan tampil dominan di awal babak kedua. The Gunners menciptakan sederet peluang berbahaya yang mengancam gawang Burnley, namun penyelesaian akhir mereka masih buruk.

Sayangnya, situasi berubah 180 derajat ketika Xhaka melanggar gelandang serang Burnley, Dwight McNeil.

Dalam situasi yang panas, emosi Xhaka tersulut setelah diintimadasi. Gelandang internasional Swiss itu lantas mencekik pemain Burnley yang lain, Ashley Westwood.

Tak ayal, wasit langsung memberikan kartu merah untuk Xhaka setelah momen itu tertangkap kamera VAR.

Setelah itu, praktis momentum bagus Arsenal seperti hilang ditelan bumi. Meski mereka masih mampu menciptakan beberapa peluang hingga akhir laga, namun Burnley tampak begitu percaya diri setelah unggul jumlah pemain, terlebih laga setelah tim tamu unggul lewat gol bunuh diri Aubameyang.

Baca Juga: Performa Buruk Kai Havertz Jadi Sorotan, Frank Lampard Pasang Badan

Terkait Xhaka yang bisa dibilang menjadi biang kerok kekalahan teranyar Arsenal ini, pelatih The Gunners, Mikel Arteta pun buka suara.

Komentar