alexametrics

Piala Asia U-19 2020 Dikabarkan Batal, Ini Respons Timnas Indonesia

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Piala Asia U-19 2020 Dikabarkan Batal, Ini Respons Timnas Indonesia
Asisten Pelatih timnas Indonesia U-23, Nova Arianto menjawab pertanyaan wartawan di Jakarta, Jumat (18/10/2019). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]

Timnas Indonesia memilih untuk menunggu pengumuman resmi terkait pembatalan Piala Asia U-19 dari AFC maupun PSSI.

Suara.com - Kabar dibatalkannya Piala Asia U-19 2020 mencuat. Timnas Indonesia yang menjadi salah satu negara peserta mencoba bersikap tenang dan memilih menunggu adanya pernyataan resmi dari AFC selaku induk sepakbola Asia.

Berita batalnya Piala Asia U-19 2020 beserta Piala Asia U-16 muncul setelah federasi sepakbola Yaman mengumumkan hal tersebut melalui akun Twitter resmi mereka, @Yemenfa.

Dalam cuitannya, Yaman mengklaim pandemi COVID-19 menjadi penyebab utama AFC akhirnya membatalkan dua event bergengsi tersebut.

"Untuk masalah penundaan ini saya juga belum tahu kepastian jelasnya seperti apa. Karena kami juga belum mendapatkan kabar itu dari dari federasi," kata Nova Arianto saat dihubungi awak media, Jumat (1/1/2021).

Baca Juga: TC Timnas Rampung, Shin Tae-yong Puas dengan Performa Evan Dimas Cs

"Sekarang tinggal menunggu rilis resmi saja dari PSSI dan AFC terkait dengan pembatalan Piala Asia U-19 ini," tambah mantan pemain Persib Bandung dan Persebaya tersebut.

Latihan perdana Timnas Indonesia U-19 di Spanyol. (dok. PSSI).
Latihan perdana Timnas Indonesia U-19 di Spanyol. (dok. PSSI).

Timnas Indonesia menganggap serius ajang Piala Asia U-19 2020 ini. Bahkan, skuad Garuda Nusantara kini tengah mempersiapkan diri dengan menggelar training camp di Spanyol sejak 26 Desember lalu.

Isu pembatalan Piala Asia U-19 2020 jadi kabar kurang sedap teranyar yang menimpa dunia sepakbola internasional. Sebelumnya, FIFA juga telah resmi membatalkan Piala Dunia U-17 dan Piala Dunia U-20 2021.

Kejuaraan terakhir sejatinya bakal dilangsungkan di Indonesia. FIFA membatalkan ajang itu dan memilih langsung menggelar edisi selanjutnya pada 2023 di mana Indonesia tetap menjadi tuan rumah.

Timnas Indonesia U-19 akan menjalani training camp di Spanyol hingga 31 Januari 2021. Selain latihan, tim asuhan Shin Tae-yong itu sudah ditunggu sejumlah agenda uji coba menghadapi tim-tim lokal.

Baca Juga: TC Persiapan SEA Games Selesai, Pemain Timnas Dipulangkan ke Daerah

Komentar